Warning: file_get_contents(https://geolocation-db.com/json/548bd320-00be-11ee-82dd-87424d907439/18.118.226.105): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 502 Bad Gateway in /home/kisuta/public_html/app_www_23/controllers/counter.php on line 22
Dewan Profesor UNS Gelar Mimbar Gagasan tentang Ketahanan Pangan
Jumat, 3 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Dewan Profesor UNS Gelar Mimbar Gagasan tentang Ketahanan Pangan

Jumat, 27 Oktober 2023
dp.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan mimbar gagasan ke-4 yang bertema Membangun Ketahanan, Keamanan, Dan Keberlanjutan Pangan dalam Rangka Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober kemarin. Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung di kanal youtube Official Universitas Sebelas Maret pada Rabu (18/10/2023).

Ketua Dewan Profesor UNS, Prof. Drs. SurantoTjiptowibisono, M.Sc, Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pangan menjadi masalah krusial yang sangat dibutuhkan. Pangan tidak hanya sekadar dikonsumsi, tapi bisa bermanfaat untuk tubuh.

“Dengan digelarnya mimbar gagasan ke-4 ini, kita punya komitmen untuk bagaimana agrikultur dapat dikembangkan. Bagaimana sebaiknya kita mengonsumsi makanan, tidak hanya totalitas karbohidrat sebagai utamanya tetapi dapat mengetahui perbandingan yang dapat dikonsumsi setiap harinya,” ujar Prof. Suranto.

Rektor UNS yang diwakili oleh Plt. Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada Hari Pangan Sedunia sangat diharapkan dapat menjadi suatu tonggak atas persoalan kelaparan dan kekurangan gizi.

“Dengan memandang fakta yang ada, mari mencari solusi bersama untuk membangun kedaulatan pangan di masyarakat melalui ketersediaan dan keterjangkauan pangan. Konsumsi pangan dan gizi yang akan menurunkan stunting kita,” imbuh Prof. Kuncoro.

Selain itu, sekitar 2,4 miliar di beberapa negara mengalami kekurangan air. Di Indonesia mengalami kemarau berkepanjangan sehingga beberapa lokasi terjadi kebakaran di hutan dan gunung. “Sehingga kita harus bijak ketika menggunakan air,” imbuh Prof. Kuncoro.

Mimbar gagasan ini mengundang beberapa narasumber yang merupakan Guru Besar dari FP UNS yaitu Prof. Dr. Ir. Sudadi, M.P.; Prof. Dr. Ir. MTh Sri Budiastuti, M.Si.; Prof. Danar Praseptiangga, S.T.P., M.Sc., Ph.D.; kemudian Prof. Dr. Yulia Lanti Retno Dewi, dr., M.Si., selaku Guru Besar FK UNS. Acara tersebut dimoderatori oleh Prof. Dr. Endang Yuniastuti, M.Si. dan Prof. Dr. Suciati, M.Pd.

Salah satu narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. MTh Sri Budiastuti, M.Si. menyampaikan bahwa kondisi yang sekarang dialami memang harus terjadi. Upaya untuk mengurangi dan memitigasi dampak dari perubahan iklim harus dilaksanakan.

“Ada solusi-solusi yang harus dikembangkan agar pangan yang dipengaruhi oleh iklim seperti ini harus tetap dihasilkan. Nantinya akan menuju pada suatu bentuk ketersediaan pangan yang tidak lain adalah ketahanan pangan,” terang Prof. Tuti.* das-kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya