Senin, 26 Februari 2024
Sosok Inspirasi
Pendidikan

Sekolah Vokasi UNS Jalin Kerja Sama dengan Desa Wisata Nusantara Jawa Tengah

Jumat, 2 Februari 2024
sv.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan penandatanganan kerja sama dengan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Provinsi Jawa Tengah. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka program Kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) di Ruang Meeting SV UNS.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Dewisnu Jawa Tengah, H. Hadi Sucahyono, S.IP., M.Si. beserta jajarannya; perwakilan dari Sentra Kopi Magelang; Dekan SV UNS, Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak.; Plt. Kepala Program Studi (Kaprodi) D3 Agribisnis SV UNS, Raden Kunto Adi S.P., M.P. dan perwakilan dosen dari Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata SV UNS, Alma Huwaida Ramadhani S.S., M.A.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan seremonial penandatanganan perjanjian kerja sama. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Dekan SV UNS, Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak. “Terima kasih kepada Yayasan Desa Wisata Nusantara, Prodi D3 Agribisnis, Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata dan seluruh pihak yang terkait. Pendidikan vokasi harus bersinergi dengan dunia industry,” terang Santoso.

Sementara itu, Ketua Yayasan Dewisnu Jawa Tengah, H. Hadi Sucahyono, S.IP., M.Si. menyampaikan rasa terima kasih karena telah diberikan ruang untuk bekerja sama dengan SV UNS. “Kami berkomitmen untuk memberikan karya nyata dalam kerja sama ini,” terang Hadi Sucahyono.

Kegiatan selanjutnya yakni diskusi terkait aktivitas kerja sama yang dipimpin oleh Kaprodi D3 Agribisnis SV UNS, Raden Kunto Adi S.P., M.P. Beliau menjelaskan bahwa aktivitas kerja sama tidak hanya terbatas dengan Prodi D3 Agribisnis dan D3 Usaha Perjalanan Wisata saja, akan tetapi dapat dilaksanakan dengan semua Prodi yang ada di SV UNS yang potensial.

Rencananya kerja sama akan dijalankan selama 2 tahun yang harapannya dapat terus berlanjut. Kegiatan kerja sama ini direncanakan dalam bentuk penelitian tentang biji kopi, pengembangan Desa Wisata, magang mahasiswa dan kuliah praktisi. Diskusi ditutup dengan pemaparan tentang biji kopi yang dihasilkan dari Sentra Kopi Magelang.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, harapannya kerja sama yang dilaksanakan akan terus berkelanjutan sesuai dengan program yang telah direncanakan. Mahasiswa diharapkan juga dapat terjun langsung dengan masyarakat, sehingga dapat berguna bagi masyarakat, maupun bangsa dan negara,” ujar Raden Kunto.

Kerja sama yang dilakukan pada 9 Januari 2024 ini dilakukan dalam rangka memenuhi Sustainable Development Goals atau disingkat SDG’s, dalam hal ini memenuhi kriteria nomor 4 yaitu Quality Education, dan nomor 9 yaitu Industry, Innovation, and Infrastructure.* das-kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya