Kamis, 16 Mei 2024
Wisata & Sejarah

Enclava, Negara Baru Seluas 100 Meter Persegi

Sabtu, 3 Oktober 2015

KISUTA.com - Membentuk negara baru sedang tren di dunia ini. Bagi sebagian orang, mempunyai lahan seluas beberapa ratus meter persegi, sudah bisa menjadi modal untuk membentuk negara baru. Seperti negara Enclava, negara yang baru dideklarasikan oleh pendirinya, hanya seluas 100 meter persegi.

Enclava berada di Benua Eropa, tepar di antara perbatasan Slovenia dan Krosia. Menurut klaim pendirinya, Piotr Wawrzynkiewicz, saat ini setelah dideklarasikan, sudah ada sekitar 5.000 orang dari seluruh penjuru dunia yang mendaftar untuk menjadi warga negara Enclava. Ya, Enclava yang dibentuk pada 23 April 2015 tersebut, memang belum mempunyai penduduk. Dari ribuan orang yang ingin menjadi penduduk Enclava, baru 139 ornag yang disetujui.

Namun, meskipun baru berusia sekitar 5 bulan, negara berbentuk monarki konstitusional ini sudah mempunyai mata uang sendiri. Tak hanya itu, mereka pun sudah mempunyai raja yang bergelar “His Highness Duke Tomasz I” serta perdana menteri dan menteri keuangan.

Enclava yang mempunyai lima bahasa resmi, yaitu bahasa Inggris, Polandia, Slovenia, Kroasia, dan China ini, mengadopsi 24 poin dari Universal Declaration of Human Rights PBB sebagai undang-undangnya. Perundang-undangan negara ini antara lain berdasarkan pada : persamaan hak, setara dan sebanding antar warga negara; tidak melakukan tindakan diskriminasi; hak hidup dijamin; tidak ada perbudakan; serta tidak ada tindakan penyiksaan.

Negara Enclava pertama kali diproklamirkan oleh warga Polandia bernama Kamil Wrona dan teman-temannya. Menurut klaim mereka, Enclava mempunyai luas 30.000 meter persegi. Tetapi berbagai media internasional memberitakan luas negara ini hanya 100 m2.

Enclava memposisikan diri sebagai negara yang memandang sama kepada semua penduduknya, sesuai dengan slogannya “Civus Totius Mundi” atau artinya “Penduduk Dunia”. Enclava menjamin warga negaranya bebas mengutarakan pendapat, mendapatkan pendidikan secara gratis, dan memperoleh pendapatan tanpa harus membayar pajak.

Untuk menjaring penduduk dunia menjadi warga negaranya, Enclava menyediakan formulir pendaftaran lewat situs mereka. Bagaimana, apakah sahabat kisuta.com tertarik?* Uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya