Kamis, 16 Mei 2024
Wisata & Sejarah
Desa Huangluo

Unik, Wanita-wanita di Desa Ini Berambut Super Panjang

Senin, 9 Mei 2016

KISUTA.com - Desa Huangluo di China mempunyai keunikan yang membuatnya menjadi perhatian dunia. Karena keunikannya, desa yang berada di sebelah barat laut Guangzhou, salah satu provinsi di China ini menjadi salah satu kota tujuan wisata.

Keunikan apa yang dimiliki Desa Huangluo hingga menjadi terkenal? Dikabarkan Oddity Central, keunikan desa ini terletak pada kaum wanitanya yang mempunyai rambut super panjang. Dari 102 wanita di desa ini, semuanya berambut panjang, rata-rata 1,7 meter. Bahkan ada wanita yang panjang rambutnya mencapai 2,1 meter.

Tak salah jika Desa Huangluo mendapat julukan sebagai “World”s longest hair village” dan “Long hair village”. Wanita-wanita di desa ini yang berasal dari etnis Yao, memang menjadikan rambut sebagai daya tarik bagi wisatawan. Mereka benar-benar merawat dan menjaga rambutnya seperti “harta”.

Tak hanya panjang, rambut wanita-wanita di Desa Huangluo juga berkilau dan jarang beruban. Karena akarnya kuat, rambut mereka pun jarang yang rontok. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka mengikat atau menyanggul rambutnya, karena menurut kepercayaan mereka, rambut wanita yang terurai hanya boleh terlihat oleh suami dan anak-anaknya.

Kepercayaan lainnya, mereka hanya memotong rambut hanya sekali seumur hidup yaitu ketika mereka menginjak usia 18 tahun. Potongan rambut diserahkan kepada nenek mereka. Rambut tersebut akan dikembalikan ketika mereka melangsungkan pernikahan. Setelah itu, kaum wanita akan memanjangkan rambutnya karena menurut kepercayaan mereka, rambut panjang membawa keberuntungan, umur panjang, kemakmuran, dan kekayaan.

Berkat Air Tajin

Terlepas dari kepercayaan mereka, pasti Anda penasaran tentang cara wanita-wanita Desa Huangluo merawat rambutnya hingga bisa sehat dan berkilau? Ternyata caranya sangat mudah dan juga murah. Dari generasi ke generasi, wanita Yao menggunakan air sisa menanak nasi atau tajin untuk mencuci rambut mereka. Selama berabad-abad teknik ini terbukti mampu merawat rambut hingga menjadi panjang dan juga sehat.

Bukan tanpa sebab jika air tajin digunakan untuk merawat rambut. Menurut penelitian, air tajin mengandung antioksidan, mineral, dan Vitamin E yang mampu meningkatkan elastisitas dan kondisi rambut sehat. Air tajin kaya inositol, salah satu kandungan dari karbohidrat yang mampu melindungi rambut dari kerusakan dan memperbaiki kerusakan yang sudah ada. Selain itu, kandungan amino acid dal am air beras berperan sebagai penguat akar rambut dan pemulus bagian luar rambut sehingga kelihatan bersinar.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?* Uma – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya