Sabtu, 4 Mei 2024
Wisata & Sejarah

Penambang Temukan Batu Permata Termahal Sejagat, Senilai Rp 2,2 Triliun

Minggu, 16 Oktober 2016

KISUTA.com - Inilah hadiah terindah bagi Myanmar. Para pekerja tambang menemukan batu permata termahal di dunia senilai lebih Rp 2,2 triliun.

Dikabarkan koran the Daily Mail, Sabtu (15/10/2016), mereka menemukan batu raksasa itu tiga hari lalu di Negara Bagian Kachin. Saat tengah menggali mereka menemukan batu seberat 175 ton dengan ukuran tinggi 2,7 meter, panjang 5,4 meter dan lebar 5,4 meter.

Batu raksasa berharga itu akan berwarna hijau jika sudah dibersihkan. Dengan bobot 175 ton permata yang ditemukan di Myanmar ini menjadi yang kedua terberat setelah batu permata di Istana Buddha di China yang beratnya 260 ton.

"Kami menganggap temuan ini seperti menang lotere. Tapi benda ini milik negara, sebagai penghormatan kepada para pemimpin kami," ujar pekerja tambang bernama Sao Min, 44 tahun.

Seorang politikus bernama U Tint Soe berpose di depan batu itu dan mengatakan ukurannya setara dua rumah kecil masing-masing 2,7 meter persegi.

"Saya menganggap ini sebagai hadiah bagi rakyat kami, pemerintah dan partai. Ini pertanda baik bagi kami," kata dia.

Myanmar tercata sebagai produsen permata terbesar di dunia dengan nilai industri sebesar USD 50 miliar per tahun.

Harga pasaran batu permata saat ini berkisar Rp 13 juta per kilogram. Harga itu bisa menjadi lebih mahal sampai sekitar Rp 18 juta per kilogram.

Harga batu yang sudah dipoles dan dibentuk bahkan bisa mencapai 20 kali lebih mahal dari sebelumnya.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya