Selasa, 21 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Fredie Blom

Rayakan Ulang Tahunnya ke-116, Pria Tertua Ini Mengeluh Tak Bisa Beli Rokok

Minggu, 10 Mei 2020

KISUTA.com - Fredie Blom, pria lansia di Afrika Selatan ini merayakan ulang tahunnya yang ke-116 pada Jumat (8/5/2020). Di hari ulang tahunnya ia mengeluh tidak bisa membeli rokok. 

Ia merujuk pada keputusan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, yang melarang penjualan rokok secara nasional sebagai bagian dari tindakan lockdown virus corona. 

"Dia tidak tahu apa yang dia lakukan," gerutu Blom dikutip dari AFP. Ia menambahkan rokok adalah satu-satunya harapan ulang tahunnya kali ini. 

Di hari ulang tahun ke-116 ini ia mengaku tidak terpengaruh oleh krisis Covid-19, yang terjadi lebih dari 100 tahun sejak wabah flu Spanyol yang merenggut nyawa saudara perempuannya. 

"Aku bisa hidup selama ini karena rahmat Tuhan," ujar Blom salah satu pria tertua di dunia. 

Jurnalis AFP menuturkan, sambil menyalakan sebatang rokok Blom teringat flu Spanyol 1918 yang menyebabkan puluhan juta orang mati di seluruh dunia, termasuk saudara perempuannya. 

Blom lahir pada 1904 di pinggiran kota Adelaide, dekat pegunungan Great Winterberg provinsi Easter Cape, Afrika Selatan. 

Ia lebih tua dari warga Inggris berusia 112 tahun yang dinobatkan sebagai pria hidup tertua di dunia oleh Guinness World Records pada Maret, tetapi usia Blom belum diverifikasi oleh badan tersebut. 

Cucu-cucunya berada di sekitar Blom saat ia duduk di halaman depan rumahnya. Tetangga juga segera datang untuk menyanyikan lagu selamat ulang tahun. 

Blom menghabiskan sebagian besar hidupnya bekerja di pertanian sekitar Cape Town. Ia bertemu istrinya, Jeanette (86), di sebuah pesta dansa. Pasangan lansia ini telah menikah selama hampir 50 tahun. Mereka pindah ke Delft di pinggiran Cape Town 30 tahun lalu. 

Sepanjang hidupnya Blom tidak pernah memiliki anak. Ia mengadopsi dua anak Jeanette dari pernikahan sebelumnya. "Dia telah melakukan segalanya untuk kami," kata putri tiri Blom, Jasmien Toerien (38).* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya