Warning: file_get_contents(https://geolocation-db.com/json/548bd320-00be-11ee-82dd-87424d907439/18.216.123.120): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 502 Bad Gateway in /home/kisuta/public_html/app_www_23/controllers/counter.php on line 22
Selama Dua Bulan, Tak Ada Malam di Negeri Ini
Selasa, 30 April 2024
Wisata & Sejarah
Laplandia

Selama Dua Bulan, Tak Ada Malam di Negeri Ini

Rabu, 20 Mei 2020

KISUTA.com - Bagaimana rasanya hidup di negeri yang tak pernah mengalami malam hari? Coba tanyakan kepada penduduk Lapland atau Laplandia di Finlandia.

 

Di salah satu provinsi di Finlandia ini, dua bulan dalam setiap tahunnya, yaitu pada bulan Juni dan Juli, matahari akan muncul selama 24 jam atau sepanjang hari. Ini artinya, malam tak pernah hadir.

 

Apa yang terjadi hingga malam tak menghampiri negeri ini pada bulan Juni dan Juli? Itu semua tak lepas dari fenomena matahari tengah malam atau midnight sun. Fenomena ini sangat unik, karena matahari akan muncul di malam hari, sehingga suasana di provinsi yang beribukota Rovaniemi ini terang benderang sepanjang hari.

 

Fenomena midnight sun terjadi karena Provinsi Lapland terletak pada lingkar kutub atau lingkar arktik. Iklim di wilayah ini didominasi iklim subarktik, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.

 

Karena fenomena midnight sun, Provinsi Lapland yang mempunyai luas 98.946 km2, menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Finlandia. Alasan utama dari para pelancong ternyata adalah ingin menyaksikan dan merasakan bagaimana hidup di daerah yang tidak pernah malam.* Uma - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya