Senin, 20 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Yovan Rate Azis

Peserta UTBK UNS Berkebutuhan Khusus Ini Bercita-cita Jadi Guru

Selasa, 7 Juli 2020
yovan.jpg
IST.

KISUTA.com – Calon mahasiswa baru (Camaba) tuna netra, Yovan Rate Azis, yang menjadi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini mengutarakan cita-citanya untuk menjadi guru. Saat ditemui wartawan pada Selasa (7/7/2020) di Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) UNS, Yovan mengatakan ia memilih Program Studi (Prodi) Pendidikan Luar Biasa pada SBMPTN tahun 2020.

"Kampus pilihan pertama saya UNS dan kampus pilihan keduanya adalah Universitas Negeri (UNY) Yogyakarta. Cita-cita saya ingin jadi guru," ujar Yovan.

Peralatan yang digunakan Yovan saat pengerjaan soal UTBK disediakan langsung oleh Panitia UTBK SBMPTN 2020 UNS. Peralatan tersebut diantaranya kertas, reglet, dan NonVisual Desktop Access (NVDA).

Yusron mengatakan kepada para awak media jika ia butuh proses tiga bulan untuk mempersiapkan UTBK. Dalam prosesnya, Yovan belajar secara mandiri di rumahnya di kawasan Kadipiro, Surakarta. Ia juga memanfaatkan aplikasi belajar online untuk mempelajari soal UTBK.

Sebelum mulai mengerjakan soal UTBK, Yovan terlebih dulu diberikan arahan dan penjelasan oleh seorang teknisi ruang. Selain itu, ia juga dibantu untuk mengisi nomor dan nama peserta pada komputer.

Saat ditanyai tentang kendala yang dihadapi dalam persiapan SBMPTN tahun ini, Yovan mengatakan jika ia sulit memahami soal UTBK berupa grafik. "Kendala cuman soal yang grafik aja kaya soal numerik dan deretan angka biasanya grafik jadi susah membaca. Kendalanya kalau belajar jika screen readernya membaca gambar tidak bisa. Selama tiga bulan belajar di rumah untuk persiapan UTBK dengan menggunakan aplikasi," jelas Yovan.

Yovan yang merupakan atlet blind judo mengatakan jika dirinya diantar oleh pelatihnya di National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) ke Kampus UNS Kentingan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus, meninjau langsung pelaksanaan UTBK di Gedung UPT TIK UNS. Prof. Ahmad Yunus juga bertemu secara langsung dengan Yovan di dalam ruang UTBK untuk memastikan tidak ada kendala dalam proses pengerjaan soal.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya