Jumat, 10 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Ayu Soraya

Mahasiswi KKN Unisri Ini Bikin "Romeo" Kaya Rasa

Minggu, 23 Agustus 2020
ayu6.jpg
Dok.Pri
AYU Soraya dan Bu Jiyem.*

KISUTA.com - Menyongsong Era New Normal membuat masyarakat harus melakukan penyesuaian kembali di segala aktivitas, mulai dari membiasakan memakai masker, menjaga jarak, atau memulai membuka usaha baru.

Hal ini juga dilakukan oleh ibu Jiyem salah satu pelaku home industry romeo di Desa Ngemplak RT 02/RW 013 Ngadirojo Kidul, Ngadirojo Wonogiri. Bu Jiyem sudah menjalankan usahanya lebih dari 3 tahun. Makanan berbahan dasar singkong ini masih belum begitu dikenal oleh masyarakat. Padahal julukan Kabupaten Wonogiri sebagai kota gaplek seharusnya mempu membuat panganan gurih ini menjadi salah satu produk unggulan yang dimiliki Wonogiri.

"Saat ini hanya ada rasa original dan pati saring, untuk pemasarannya ya baru dititipkan ke pedagang sayur, belum online," ujar Ibu Jiyem, Jumat pekan lalu.

Melihat kondisi seperti ini, Ayu Soraya, mahasiswi KKN Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, terpanggil untuk membantu meningkatkan usaha romeo Bu Jiyem. Di bawah arahan dosen pembimbing Andika Drajat M.,SIP.,MA, Ayu pun memberikan pelatihan terkait inovasi produk dan pemasaran online kepada Bu Jiyem.

Pelatihan dilakukan karena belum terdapat inovasi rasa dan pemasaran online oleh pelaku,selain itu pelatihan pemasaran dilakukan agar pelaku home indusrty dapat mengikuti perkembangan zaman dan memperluas jangkauan pemasaran melalui media sosial.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 4 hari mulai hari Sabtu 8 Agustus 2020 sampai tanggal 11 Agustus 2020 di rumah Bu Jiyem mulai dari persiapan materi terkait inovasi, pembuatan poster digital masketing dan pelatihan pembuatan romeo pedas dan romeo sayur.

Pemilihan rasa pedas dan sayur terinspirasi dari banyak masyarakat yang menyukai makanan pedas dan kurangnya ketertarikan anak-anak untuk mengkonsumsi sayur. Untuk pemasaran dilakukan menggunakan media online instragram karena banyak orang yang menggunakan media online tersebut untuk berkomunikasi hingga berjualan.

Dengan dilakukannya pelatihan ini diharapkan pelaku home industry romeo mampu mengembangkan usahanya dan memperluas jangkauan pemasaran hingga ke luar kota agar dapat menambah penghasilan pelaku home industry romeo dan mampu menjadi produk unggulan Kabupaten Wonogiri.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya