Sabtu, 11 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Endah Dwi Astuti

Menggugah Remaja Desa untuk Bersikap Anti Korupsi

Minggu, 23 Agustus 2020
andeh1.jpg
Dok.Pri

KISUTA.com - Endah Dwi Astuti. Inilah, agaknya, gadis yang sangat prihatin dengan perilaku bangsa ini. Setiap hari harus menyaksikan berita tentang tindak pidana korupsi dan perilaku koruptif di mana-mana. Terjadi hampir di semua daerah di Tanah Air, di semua level dan di semua segi kehidupan dengan beragam jenis, modus, dan kompleksitas.

Ketika berkesempatan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswi Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, ini berkeinginan untuk memberikan sumbangsih pembelajaran kepada anak muda di desa tempatnya KKN.

Di bawah arahan dosen pembimbing Andika Drajat M.,SIP.,MA, Endah memberikan pendidikan anti korupsi kepada anak muda di tempat ia KKN, yaitu Dusun Ploso, Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Sosialisasi yang dilaksanakan pertengahan Agustus Ini diikuti belasan remaja. Semua yang hadir mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Pendidikan Anti Korupsi adalah sebuah gerakan budaya dalam menumbuhkan nilai anti korupsi sejak dini. Muara dari persoalan korupsi adalah hilangnya nilai-nilai anti korupsi, seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil dari dalam diri individu.

Menurut Endah, korupsi adalah perilaku tidak bermoral. Hari-hari kita juga menyaksikan kasus-kasus korupsi kian marak, meluas dan beragam, serta perilaku saling tidak percaya, saling menyalahkan, lepas tanggungjawab, mencari jalan pintas, arogan, inkonsisten, dan perilaku tak pantas lainnya kian menyesakkan dada.

Di satu sisi, bangsa kita memiliki kelemahan perilaku yang diwariskan sebagai hasil penjajahan yaitu mental menerabas, tidak menghargai waktu, meremehkan mutu, tidak percaya diri, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, dunia pendidikan yang diharapkan menjadi penguat budaya anti korupsi makin dirasakan tidak konsisten dalam menjalankan fungsinya.

"Karena itu, inilah saatnya mengembalikan generasi muda sebagai lokomotif penguatan budaya anti korupsi untuk jangka panjang diawali dengan pendidikan anti korupsi seperti ini," demikian Endah.* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya