Senin, 6 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Siti Nur Aini Muhfidaningrum

Mahasiswi KKN Unisri Ini Sulap Kaleng Bekas Jadi Cikrak

Senin, 31 Agustus 2020
asiti.jpg
Dok.Pri

KISUTA.com - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta kembali mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa semester 6. Pada tahun 2020 ini, Unisri mengubah konsep KKN yang biasanya dilakukan di pelosok desa dengan tinggal bersama masyarakat, kali ini dilakukan secara daring di rumah masing-masing mahasiswa. Hal tersebut dilakukan karena adanya pandemi Covid-19.

KKN Unisri tahun 2020 mengambil tema ''KKN Bali Ndeso Cegah Covid-19" yang dilaksanakan di area domisili mahasiswa. Seperti KKN ditahun-tahun sebelumnya, Kegiatan ini tetap berlangsung selama 40 hari dari tanggal 23 Juli - 31 Agustus 2020.

Kegiatan KKN Bali Ndeso ini memiliki maksud dan tujuan mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dalam bidang pengabdian terhadap masyarakat.

Siti Nur Aini Muhfidaningrum, mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unisri menjadi salah satu peserta KKN Bali Ndeso Kelompok KKN 19 di bawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dra. Suprihatmi., MM. Siti melakukan pengabdian kepada masyarakat Desa Jaten, Kabupaten Karanganyar.

Kiprah nyata yang dilakukan Siti ykni mengolah bahan yang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat. "Ini saya lakukan mengingat banyak barang bekas yang terbuang sia-sia. Saya pun mengajak warga untuk berkresi," ujar Siti.

Di Desa Jaten terdapat banyak kaleng bekas roti dan bekas pegangan sapu yang sudah tidak terpakai padahal kedua barang tersebut dapat diolah menjadi cikrak. Siti pun mengajak warga Desa Jaten untuk membuat cikrak dari barang bekas yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

Siti bersama salah satu warga yaitu Bu Atik menyulap barang bekas tersebut menjadi cikrak. Pembuatannya sangat mudah yaitu kaleng bekas roti diiris miring dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas. Setelah kaleng tersebut menjadi dua bagian kemudian lanjut memotong bambu bekas pegangan sapu.

"Setelah itu pegangan sapu ditempelkan ke bekas kaleng yang sudah dilubangi dan direkatkan dengan kawat. Jadilah cikrak," katanya.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya