Selasa, 14 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Binahong

Tanaman Merambat yang Kaya Khasiat

Minggu, 20 September 2020
binahong.jpg
Ist.
BINAHONG adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.*

KISUTA.com - Dilihat dari namanya, tanaman binahong bukan asli dari Indonesia. Ya, tanaman yang mempunyai nama latin Bassela rubra linn ini, merupakan tanaman yang berasal dari Korea. Di negeri ginseng ini, binahong dikenal sebagai tanaman obat. Daun dari tanaman ini biasa digunakan untuk mengobati penyakit ringan sampai berat.

Binahong yang di China dikenal sebagai Deng san chi, adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini mempunyain dua variasi, yaitu yang daunnya berwarnai hijau gelap dan yang berwarna merah.

Selain mempunyai khasiat pengobatan, binahong yang tumbuh merayap, mempunyai daun yang indah, sehingga banyak orang menanamnya sebagai tanaman hias.

Sebagai tanaman obat, daun binahong mengandung zat antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein. Meskipun mempunyai khasiat pengobatan, namun tetap ada efek samping yang ditumbulkan. Beberapa efek samping mengonsumsi daun binahong, antara lain denyut jantung menjadi tidak teratur, pusing, gelisah, sakit kepala, dan insomnia.

Untuk menghindari efek samping tersebut, sebaiknya saat mengonsumsi daun binahong tidak bersamaan dengan mengonsumsi stimulan lain seperti kafein dan juga obat resep dokter. Binahong juga tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, karena akan berpengaruh terhadap janin yang dikandung dan bayi yang disusui.

Tertarik dengan khasiat daun binahong untuk pengobatan? Dikutip dari bubblnews.com , berikut kisuta menampilkan beberapa manfaat daun binahong dan cara membuat ramuannya.

Obat Luka Luar: Daun binahong dapat membantu mengeringkan luka. Caranya: beberapa lembar daun binahong diremas-remas hingga mengeluarkan lendir dan menjadi lembut. Kemudian tempelkan ke bagian tubuh yang luka. Diamkan beberapa saat. Apabila dilakukan secara teratur, maka luka akan cepat kering.

Obat Ambeien: Apabila Anda ingin mengurangi rasa sakit akibat ambeien, cobalah gunakan daun binahong. Caranya: 16 lembar daun binahong dan 3 gelas air direbus sampai mendidih dan tinggal tersisa dua gelas. Minum air rebusan daun binahong, satu kali sehari.

Obat Darah Rendah: Sebelum menggunakan obat dokter, jika Anda mengalami darah rendah, cobalah ramuan daun binahong. Caranya: 16 lembar daun binahong dan 2 gelas air direbus hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan ini satu kali sehari.

Obat Gusi Berdarah: Minum air rebusan daun binahong bisa mengobati gusi berdarah. Caranya: 4 lembar daun binahong dan 2 gelas air direbus hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusan ini diminum satu kali sehari, sampai gusi Anda tidak lagi berdarah.

Melancarkan Haid: Selain menggunakan kunyit, untuk melancarkan haid bisa menggunakan air rebusan daun binahong. Caranya: 3 lembar daun binahong dan 2 gelas air direbus sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan ini satu kali sehari, Anda akan merasakan manfaatnya.

Obat Kencing Manis: Daun binahong bisa juga untuk mengobati kencing manis. Caranya: 11 lembar daun binahong dan 3 gelas air direbus hingga tersisa 2 gelas. Air rebusan ini diminum satu kali sehari, maka Anda akan merasakan manfaarnya.

Menjaga Stamina: Air rebusan daun binahong bisa membantu menjaga stamina Anda. Tak perlu minum minuman berenergi, cukup setiap hari minum satu gelas air rebusan yang berasal dari 1 lembar daun binahong dan 2 gelas air.

Obat Batuk: Bosan batuk tak kunjung sembuh. Cobalah minum air rebusan daun binahong. Caranya: 10 lembar daun binahong dan 2 gelas air direbus sampai mendidih dan tinggal tersisa 1 gelas. Minum air rebusan satu kali sehari hingga batuk sembuh.* Ki Suta – kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya