Sabtu, 4 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Praktisi Industri Perbankan, Deddy Sunaryo Nainggolan, ME

Sektor Perbankan Berperan Penting dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM

Selasa, 6 Oktober 2020

KISUTA.com - Riset Grup Studi Moneter dan Fiskal menyelenggarakan Webinar dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) yang juga mitra PT. Telkom Indonesia Wilayah Solo dengan tema Strategi Penguatan UMKM di tengah masa pandemi. Webinar yang digelar Senin (5/10/2020) ini bertujuan untuk memberikan pencerahan bagi pelaku UMKM agar menemukan way out yang tepat mampu bertahan di tengah tekanan resesi ekonomi.

Webinar tersebut menghadirkan Pakar Ekonomi dan Pemerhati Kebijakan UMKM di Indonesia, Prof. Tulus Tambunan; Akademisi Fakultas Ekonomi UNS yang sekaligus Komisaris Independen Bank DKI, Lukman Hakim, Ph.D; Praktisi dari Industri Perbankan, Deddy Sunaryo Naingolan, M.E; serta Agung Wiratama, Community Leader Platform transaksi bisnis digital.

Menurut Deddy Sunaryo Naingolan, ME, sektor perbankan berperan dalam mendorong literasi keuangan dan selanjutnya inklusi keuangan berbasis digital sesuai dengan kebutuhan UMKM. Fokus sektor perbankan adalah memenuhi kebutuhan UMKM untuk mendorong transaksi-transaksi yang dilakukan makin efisien dan kebutuhan untuk pertumbuhan UMKN.

Dalam upaya untuk meningkatkan transaksi yang efisien sektor perbankan mengembangkan teknologi tepat guna untuk mempermudah transaksi seperti pembayaran tagihan listrik, PDAM, telpon, pajak, pendidikan, kesehatan, transfer ke mitra usaha, dan transaksi lain untuk kebutuhan UMKM.

Sedangkan dari sisi kebutuhan pertumbuhan UMKM bank menyediakan fasilitas kredit, pengembangan relasi bisnis, pelatihan untuk pengembangan usaha, dan konsultasi untuk solusi yang dihadapi pelaku UMKM.

Sektor perbankan juga memberikan skema untuk mengatasi masalah UMKM di tengah resesi ekonomi dengan melakukan kebijakan restrukturisasi kredit yang tepat, dengan komitmen memberikan konsultasi bagi UMKM agar UMKM mampu bertahan dan UMKM tidak melakukan PHK.

Dikatakan Deddy, bagi UMKM yang mampu memperahankan kinerjanya dengan baik, sektor perbankan juga memberikan kesempatan untuk menambah permodalan melalui kredit investasi dan modal kerja dengan suku bunga yang kompetitif.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya