Minggu, 19 Mei 2024
Sastra & Humor

PTM SD Boyolali Ditunda Lantaran Ada Siswa Terpapar Covid-19

Jumat, 23 April 2021
bol.jpg
Dok.Pri
KEPALA Disdikbud Boyolali, Darmanto.*

KISUTA.com - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Boyolali terpaksa ditunda sementara, lantaran ada siswa di dua Sekolah Dasar (SD) lantaran terpapar covid-19. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto, kedua SD tersebut berada di Desa Sukorejo, Kecamatan Musuk dan Desa Sumberagung, Kecamatan Klego.

“Ya, untuk sementara, PTM di dua SD itu dihentikan dulu,” katanya, Jumat (23/4/2021).

Darmanto mengatakan, terpaparnya siswa di dua SD tersebut tidak terjadi di sekolah saat mengikuti PTM. Namun mereka terpapar dari anggota keluarga yang lain atau klaster keluarga. Untuk itulah, pihaknya senantiasa menekankan semua sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Selain itu, sekolah juga memberikan sosialisasi kepada para siswa tentang prokes.

“Sehingga diharapkan, siswa bisa menularkan pengetahuan yang diterimanya di sekolah kepada orang tua dan saudaranya,” ujarnya.

Demikian pula saat menerima materi pelajaran, tetap diatur dengan menggunakan jarak. Siswa dan guru juga mengenakan masker selama pembelajaran berlangsung. Bahkan, sebelum masuk kelas, setiap siswa dan guru dicek suhu tubuh dengan menggunakan thermogun.

Terkait vaksinasi para guru, pihaknya memastikan semua guru SD sudah menerima vaksinasi dosis satu dan dosis dua. Sehingga para guru sudah bisa menggelar PTM di sekolah masing- masing.

Menurut Darmanto, untuk guru SMP, sudah dilakukan vaksinasi untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua, dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 27 April mendatang. Sama seperti sebelumnya, vaksinasi dosis kedua juga digelar di Puskesmas terdekat.

“Sehingga tidak merepotkan para guru yang akan menjalani vaksinasi karena Puskesmas bisa mudah dijangkau dari sekolah tempat mengajar,” ujarnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya