Minggu, 19 Mei 2024
Sastra & Humor

BNPB Inspeksi di Solo, Jogo Tonggo Diminta Perketat Pengawasan Pemudik

Senin, 10 Mei 2021
bnpb.jpg
Humas Pemkot Solo

KISUTA.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pusat melakukan kunjungan kerja di Balai Kota Solo, Sabtu (8/5/2021).

Dalam inspeksi ini BNPB ingin mengetahui peran Satgas Covid-19 tingkat daerah dalam pemberlakuan PPKM Mikro khususnya menjelang Lebaran.

"Kami melihat peran Jogo Tonggo sangat krusial dalam mencegah warga yang tetap nekat mudik," ujar Perwakilan Satgas Covid-19 nasional dan BNPB, Alphieza Syam.

Ia mengatakan Jogo Tonggo hanya ada di Provinsi Jateng yang terbukti efektif mengurangi penyebaran virus Covid-19. Ia juga mengapresiasi Solo sebagai salah satu kota yang dianggap berhasil memanfaatkan Jogo Tonggo dalam menangkal pandemi.

"Kami melihat Jateng ini cukup efektif dalam menyampaikan data-data Covid-19 dan mencegah virus corona," kata dia.

Ia mengatakan kesuksesan Solo dalam menangani pandemi akan dibagikan pada daerah lain. Selain itu, bisa dijadikan masukan Satgas Covid-19 nasional dalam membuat kebijakan strategis dalam menekan kasus Covid-19.

Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa mengatakan saat ini Pemkot hanya bisa mengandalkan Jogo Tonggo dalam memfilter pemudik dari luar eks Karesidenan Surakarta yang lolos penyekatan.

"Kami tetap berlakukan penyekatan pemudik di lima pospam yang dilakukan Polresta Solo, tetapi untuk pengawasan akhir tetap mengandalkan Jogo Tonggo," kata Teguh.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya