Minggu, 19 Mei 2024
Sastra & Humor

UMS Vaksinasi 2.550 Orang Lanjut Usia

Jumat, 21 Mei 2021
arjo1.jpg
Humas UMS

KISUTA.com - Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar vaksinasi lansia, tokoh lintas agama dan pelayan publik /civitas akademika di Edutorium kampus UMS, Jum'at (21/5/2021). Dihadiri Wakil Walikota Solo Teguh Prakoso dan Kepala Dinas Kesehatan Solo, dr. Siti Wahyuningsih.

"Vaksinasi kali menyasar 2.550 Orang, terutama lanjut usia (lansia)," ungkap Rektor UMS Sofyan Anif kepada wartawan.

Rektor UMS mengatakan, pelaksanaan vaksinasi merupakan hasil kerjasama MCCC UMS dengan Dirjen Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Propinsi Jateng, dan Dinas Kesehatan Kota Solo. Dalam pelaksanaan juga didukung sejumlah rumah sakit PKU.

"Tenaga medis melibatkan dari RS PKU Solo dan PKU Sampangan, keduanya di bawah PDM Solo. Juga ada RS Gigi Mulut Soelastri milik UMS, dan juga didukung tenaga medis dari RS PKU Delanggu Klaten, RS PKU Kartasura termasuk dari RS PKU Sukoharjo," ungkap Rektor.

Menurut Sofyan, seluruh tenaga medis tersebut dikerahkan untuk menangani pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 bagi sebanyak 2.550 orang. Waktu penyuntikkan dibagi dua hari, Jum'at dan Sabtu (21-22/5/2021).

Rektor berharap, hal (vaksinasi) ini menjadi salah satu modal dalam rangka pemberian supervisi terutama di bidang kesehatan sebagai upaya agar masyarakat Solo Raya dan sekitarnya bisa sehat, tidak terkena infeksi Covid-19.

"Untuk pelaksanaan kami membuat prioritas kelompok lansia menjadi yang pertama. Kemudian yang kedua lintas tokoh agama. Dari yang sudah terdaftar ada dari Nasrani, Protestan, Buddha dan yang lainnya. Dan ketiga adalah civitas akademika. Ini menjadi penting karena semester depan kami sudah akan mulai pembelajaran luring," sebut Rektor.

Rektor UMS mengemukakan, total 2 550 orang yang mendapat vaksinasi, 1.500 diantaranya adalah warga kampus UMS terdiri dosen dan karyawan maupun tenaga outsourcing ditambah warga lansia sekitar kampus UMS dari Desa Gonilan, Kartasura, Sukoharjo.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya