Jumat, 17 Mei 2024
Sastra & Humor

Minat Vaksinasi Covid-19 Penyandang Disabilitas Solo Masih Minim

Selasa, 8 Juni 2021
sri.jpg
Humas Pemkot Solo
KEPALA Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih.*

KISUTA.com – Pemerintah kota (Pemkot) Solo menegaskan penyandang disabilitas masuk dalam prioritas vaksinasi Covid-19. Hal itu diatur dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

“Namun sayangnya, minat penyandang disabilitas masih minim,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih di Balaikota Solo, Senin (7/6/2021).

Ning panggilan akrab Kepala DKK Solo mengatakan, vaksinasi difabel kita sudah dilaksanakan akhir bulan lalu. “Namun, dari 132 orang yang diajukan hanya sekitar 60-an orang yang datang,” ungkapnya.

Berdasasar data, menurut Ning, alasan difabel banyak yang tidak hadir karena alasannya acara vaksinasi terlalu mendadak. Padahal, Pemkot sudah mencarikan jadwal dan tempat faskes yang bisa melaksanakan vaksinasi yang aksesnya gampang.

“Kami.telah meminta agar pengurus yang mengajukan data untuk mendata kembali penyandang disabilitas yang belum mendapat vaksinasi, agar bisa dijadwalkan ulang,” jelasnya.

Selain 60-an penyandang difabel yang sudah divaksin, Kepala DKK Solo mengatakan, untuk para atlet paralympic yang bergabung di National Paralympic Committee (NPC) seluruhnya juga sudah divaksin.

“Sekitar 100-an yang diajukan dan sudah kita vaksin semuanya. Untuk penyandang disabilitas yang lain, silahkan kalau mau mengajukan. Selama masuk kriteria maka akan kami jadwalkan,” kata Ning.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya