Rabu, 15 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Prodi S1 Gizi ITS PKU Muhammadiyah Gelar Eksplorasi Industri Perusahaan Makanan dan Minuman

Senin, 28 Juni 2021
gizi.jpg
Ist.

KISUTA.com – Program Studi S1 Gizi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menggelara eksplorasi industri terhadap suatu perusahaan makanan dan minuman, dari kampus setempat, Senin (28/6/2021). Menurut Ketua Kunjungan Industri S1 Gizi, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Agung Setya Warhdna, STP, eksplorasi industri dilakukan secara during zoom.

Lebih lanjut Agung mengemukakan, produk makanan atau minuman yang berkualitas, hygiene, sehat dan bergizi tidak lepas dari standart baku proses pelaksanaan produksi yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dilakukan oleh sumber daya manusia yang ahli dalam bidangnya. Quality Control adalah divisi yang bertanggung jawab atas pelaksaanan proses produksi suatu industri makanan dan minuman agar mengasilkan produk yang berkualitas, hygiene, sehat dan bergizi untuk konsumen.

“Berdasarkan hal tersebut, maka kami Program Studi S1 Gizi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta ingin mengadakan eksplorasi industri terhadap suatu perusahaan makanan dan minuman guna memperkenalkan dan memberi gambaran dunia usaha dan industri kepada mahasiswa, agar lebih memotivasi mahasiswa dalam menuntut ilmu,” ungkap Agung.

Eksplorasi industri, menurut Agung, merupakan aplikasi perkuliahan yang diselenggarakan di suatu perusahaan makanan dan minuman secara langsung ataupun virtual. Dari pelaksanaan eksplorasi ini diharapkan mahasiswa dapat memahami aplikasi teori Pengawasan Mutu Pangan yang telah diperoleh di kelas pada praktek di dunia kerja secara nyata, selain itu juga dapat mengupas pengetahuan lain yang mungkin berbeda dengan apa yang telah diperoleh.

Dalam rangka melengkapi teori yang telah diperoleh dan tercapainya kompetensi pada mata kuliah Pengawasan Mutu Pangan bagi mahasiswa, menurut Agung, maka Program Studi S1 Gizi merencanakan melakukan kegiatan Eksplorasi Industri Pangan di PT Amerta Indah Otsuka Sidoarjo dan Indonesia Soyfood Edutainment Center agar mahasiswa dapat melihat proses produksi dan pengawasan mutu makanan dan minuman, yang komponennya meliputi HACCP (Hazzard Analisis Critical Control Point) dan GMP (Good Manufacturing Product). B. Maksud dan Tujuan Pelaksanaan Eksplorasi industri ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengalaman sehingga nantinya mahasiswa dapat mengetahui secara umum tentang kondisi dunia kerja, usaha dan industri.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kunjungan industri adalah sebagai berikut: 1) Memperkenalkan dunia kerja, usaha dan industri kepada mahasiswa Prodi S1 Ilmu Gizi. 2) Memberikan pemahaman aplikasi teori yang diperoleh di kelas pada praktek dunia kerja secara nyata di perusahaan. 3) Mengetahui secara langsung proses produksi di PT Amerta Indah Otsuka dan Indonesia Soyfood Edutainment Center 4) Mengetahui pelaksanaan HACCP (Hazzard Analisis Critical Control Point) dalam sistem produksi di PT Amerta Indah Otsuka dan Indonesia Soyfood Edutainment Center 5) Mengetahui pelaksanaan GMP (Good Manufacturing Product) dalam sistem produksi di PT Amerta Indah Otsuka. 6) Menumbuhkan sikap kesadaran professional sebagai calon tenaga kerja yang bertanggung jawab. 7) Menambah wawasan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa. 8) Menjalin kerjasama yang baik dengan instansi terkait.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya