Kamis, 16 Mei 2024
Sosok Inspirasi

PKM UNS Bangun Studio Virtual Murah

Kamis, 15 Juli 2021
pkm_2.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Riset Group Intelligent Systems and Humanized Computing dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di sebuah Sekolah PAUD di Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (14/7). PKM itu bertema Membangun Studio Virtual Event Murah. Dikerjakan Winarno, S.Si., M.Eng, Heri Prasetyo, Ph.D, Dr. Wiranto, M.Cs dan Sari Widya Sihwi, S.Kom., M.T.I.

Winarno, S.Si, M.Eng mengemukakan, pandemi Covid-19 di Indonesia semakin bertambah parah, hal ini terbukti menurut data Kemenkes jumlah pasien terpapar Covid-19 mencapai rekor tertinggi. “Kondisi ini membuat pemerintah menerapkan protocol kesehatan secara ketat, salah satunya bagi dunia pendidikan, terutama Pendidikan Usia Dini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Winarno mengatakan, saat ini situasi keadaan seperti ini penggiat pendidikan menjadikannya, pembelajaran secara online merupakan salah satu solusi terbaik menghadapi situasi wabah Pandemi Covid-19. Konsep pendidikan jarak jauh tersebut sudah lama disampaikan bahkan diterapkan oleh para pendidik maupun peserta didik dalam suatu proses pembelajaran yang khususnya dalam hal ini lebih banyak dilakukan secara terpisah di luar kelas. “Berbedanya lokasi antara pendidik dan peserta didik ini diharapkan tidak mengurangi interaksi dan efektifitas pembelajaran,” ujarnya.

Dalam dunia pendidikan anak, menurut Winarno, butuh pembaharuan dan keberanekaragaman dalam pembelajaran jarak jauh. Keberanekaragaman ini menjadi penyemangat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. “Penyajian yang menarik dalam setiap momen pertemuan pendidik dan peserta didik harus difasilitasi dalam sebuah media yang mampu menarik dan memberikan kemudahan dalam transfer knowledge,” ungkap salah satu anggota tim Riset Group Intelligent Systems and Humanized Computing.

Winarno menjelaskan, agenda sekolah tidak hanya yaitu pembelajaran, namun ada beberapa agenda lain yang patut untuk diabadikan momennya dan dibuat semeriah mungkin. Agenda Perkumpulan Orang Murid dan Guru (POMG), Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Wisuda dan agenda penting lainnya perlu disimpan dengan baik.

Untuk menyajikan acara tersebut secara daring,kata Winarno, hal ini hampir mirip dengan penyelenggaraan virtual event yang diselenggarakan oleh event organizer. Biaya yang dihabiskan untuk mengundang EO sangat besar. Sebut saja Groovy Event Organizer untuk harga paket dasar virtual event minimal menghabiskan 20 juta rupiah. Biaya yang sangat besar ini digunakan untuk mengatur mulai dari green screen, panggung virtual, peralatan audio dan video, laptop berspesifikasi tinggi, manajemen undangan dan penyusunan rundown acara. Era pandemi sudah selayaknya kegiatan pertemuan diminimalisir, maka pertemuan jarak jauh ini yang menjadi keniscayaan bagi agenda-agenda pertemuan. Masalah besarnya biaya untuk menyajikan virtual event ini dapat diminimalisir dengan memberikan beberapa alternatif dengan memanfaatkan beberapa alat yang dimiliki dan penambahan sedikit alat bantu yang harganya tidak terlalu mahal.

Dalam penyajian agar setiap virtual event baik itu pembelajaran jarak jauh, agenda sekolah untuk Pertemuan Orang Murid dan Guru (POMG), perpisahan atau wisuda kelulusan, kata Winarno, diharapkan memberikan kesan tersendiri bagi para murid. Momen yang istimewa sudah selayaknya diabadikan dalam sebuah agenda eksklusif. “Beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk menyusun virtual event yang murah dan menarik yang telah digagas oleh Riset Group Intelligent Systems and Humanized Computing dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam sebuah acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di sebuah Sekolah PAUD di Kecamatan Jebres yang dikerjakan oleh Winarno, S.Si., M.Eng, Heri Prasetyo, Ph.D, Dr. Wiranto, M.Cs dan Sari Widya Sihwi, S.Kom., M.T.I,” jelasnya.

Konsep virtual event yang digagas, menurut Winarno, sebagai berikut
1.Mini Studio. Mini studio harus disediakan, namun mini studio ini dapat dibangun dengan murah yaitu cukup dengan harga sekitar 1.5 juta rupiah dapat dibeli seperangkat lampu studio softbox. Selain lampu studio juga harus dipersiapkan microphone clip on dan green screen.

2. Kamera. Kamera untuk perekaman idealnya menggunakan kamera profesional, namun sebenarnya dapat digunakan handphone yang dapat dialihfungsikan sebagai kamera eksternal dan hasilnya sangat bagus. Agar kamera handphone dapat dialihfungsikan sebagai kamera di komputer atau laptop kita, dapat digunakan software Droidcam yang dapat diunduh di Google Playstore. Setelah instalasi Droidcam selesai, selanjutnya laptop atau komputer kita perlu diinstall Droidcamyang dapat didownload melalui www.dev47apps.com. Jika laptop dan handphone sudah terinstal software tersebut maka selanjutnya dibuka aplikasi Droidcam di laptop kemudian masukkan IP Address yang tertera di handphone Android kita dan port yang digunakan, kemudian klik start. Setelah itu maka handphone yang sudah diinstal dapat digunakan sebagai kamera di laptop. Kamera tersebut dapat digunakan untuk kamera Zoom Meeting atau Google Meet.

3.Software Meeting. Dalam mempertemukan antar peserta atau partisipan diperlukan software meeting yang dapat support untuk mengganti virtual background dan green screen. Software yang sangat populer dan sudah dikenal adalah Zoom Cloud Meeting. Aplikasi ini berbayar dan apabila menggunakan versi gratis maka dapat digunakan selama 45 menit. Selain Zoom dapat juga digunakan Google Meet, yang dapat diinstal baik di Android atau jika Windows cukup membuka browser masing-masing. Yang tidak kalah penting adalah virtual background. Virtual background agar menarik dapat digunakan virtual background 3D.

4. Susunan acara. Hal yang tidak kalah menarik adalah menyusun rencana yang baik, kemudian memilih moderator yang luwes dalam membawakan acara dan melakukan monitoring acara agar sesuai scenario yang sudah ditetapkan.Skenario yang sudah diutarakan tersebut hasilnya tidak kalah menarik dengan agenda event organizer besar yang menyelenggarakan kegiatan yang biayanya sangat mahal.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya