Sabtu, 27 April 2024
Sastra & Humor

DKK Surakarta Terima 200 Tabung Oksigen dari Singapura

Senin, 19 Juli 2021
gas.jpg
Humas Pemkot Solo

KISUTA.com - Pabeanan Bandara Adisoemarmo memeriksa pengiriman tabung oksigen sejumlah 200 tabung seberat 14 kilo ton yang dikirim dari Singapura untuk kepentingan hibah diterima oleh Dinas Kesehatan (DKK) Pemerintah Kota Surakarta, Senin (19/7/2021).

Pengeluaran barang hibah terkait tabung oksigen ini sudah tercantum di Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.02/2021 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Penanganan Covid-19.

"Berdasarkan peraturan tersebut, tabung oksigen masuk dalam kategori barang pembebasan Bea Masuk dan PDRI (Pajak Dalam Rangka Impor). "ujar Aries Baroto, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Surakarta kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Seperti diketahui pesawat charter Cargo PT. My Indo Ailines yang memuat oksigen dari Singapura telah mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Sabtu (17/7/2021).

Pesawat charter cargo My Indo Airlines dengan nomer penerbangan B-737-300/400F tersebut memuat barang cargo berupa 200 tabung  oksigen seberat 14,175 kilo ton diperuntukkan  Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Aries Baroto menyebutkan, dari pihak Bea Cukai sudah melakukan langkah yang proaktif dengan berkoordinasi dengan pihak terkait antara lain, Gapura, Angkasa Pura Logistic, serta dari Dinkes Pemkot Surakarta. Setelah Surat Pemberitahuan Cargo Charter Flight diterima oleh pihak Bea Cukai Surakarta pada tanggal 16 Juli 2021 pukul 16.45 WIB, pihaknya lalu melakukan pengawasan pembongkaran atas barang tersebut ketika pesawat tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 12.50 WIB barang selesai dibongkar dan ditimbun di TPS Bandara Adi Soemarmo pada pukul 14.30 WIB sembari berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta.

Kepala DKK Pemkot Surakarta, dr. Siti Wahyuningsih, M. Kes, M. H., mengatakan, dengan adanya bantuan tabung oksigen dari Shopee, bagi Pemkot Surakarta sangat bermanfaat sekali dalam kondisi saat ini. "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait, dari Bea Cukai, AP Log, Kodim, Polres, BPBD, AURI, dan dari seluruh pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu yang telah membantu kelancaran proses ini,"kata Kepala DKK Surakarta.

Proses pengeluaran tabung oksigen tersebut  dilaksanakan dan disaksikan oleh DKK Pemkot Surakarta, Angkasa Pura Logistic, Satgas Covid-19 dari TNI AU, dan Bea Cukai Surakarta.

“Dengan dukungan dan koordinasi dari semua pihak yang berwenang, semoga barang hibah ini dapat membantu meringankan beban dari masyarakat yang saat ini sedang menderita Covid-19. Kami selalu siap dan berkomitmen penuh untuk mendukung agar proses pengeluaran barang bisa dijalankan secepatnya, tentunya dengan tidak melanggar ketentuan yang berlaku”, tambah Aries Baroto.* Eko Prasetyo - kisuta.com -


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya