Senin, 29 April 2024
Sastra & Humor

Cara Kota Bandung Ciptakan Kekebalan Kelompok

Sabtu, 31 Juli 2021
kebal2.jpg
Humas Pemkot Bandung
KOTA Bandung sudah mulai memberikan vaksin Covid-19 kepada anak usia 12-17 tahun.*

KISUTA.com - Untuk terus menekan angka kasus Covid-19, pemerintah terus berusaha menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Salah satunya dengan menggencarkan vaksinasi Covid-19.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan kekebalan kelompok tercapai pada Desember 2021. Untuk itu, pemkot terus memasifkan vaksinasi kepada warga.

"Kita konsen soal vaksin. Fokuskan progres vaksinasi," tutur Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna di sela-sela meninjau progres vaksinasi Kecamatan Sukajadi, Rabu (28/7/2021).

Dikatakan Emma, untuk saat ini harus fokus pada progress vaksinasi dan membuat formula terbaik agar masyarakat dapat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. "Karena banyak pemahaman dengan orang yang kompeten untuk melawan pandemi ini paling utama adalah akselerasi vaksinasi dengan protokol kesehatan," tuturnya.

Banyak cara dan usaha yang dilakukan Pemkot Bandung untuk mempercepat pencapaian kekebalan kelompok tersebut. Pemkot Bandung terus meningkatkan fasilitas vaksinasi dan kesiapan vaksinator. Juga gencar melakukan kolaborasi dengan berbagai kelompok masyarakat untuk menggelar vaksinasi massal. Pemkot juga terus berusaha menyiapkan ketersediaan vaksin Covid-19 untuk 2 juta orang yang menjadi target Kota Bandung.

Di samping gencar menggelar vaksinasi massal berkolaborasi dengan berbagai kelompok masyarakat, Pemkot Bandung juga telah menghadirkan sentra vaksinasi yang siap beroperasi setiap hari.

Berkolaborasi dengan Yayasan Wings Peduli, Pemkot Bandung menghadirkan sentra vaksinasi yang berada di Taman Dewi Sartika dengan konsep walk in dan di Taman Tegallega dengan konsep drive thru. Di masing-masing tempat bisa memvaksin 200 orang per hari.

“Pemerintah Kota Bandung mengapresiasi yang dilakukan oleh Yayasan Wings Peduli, mudah-mudahan sentra vaksinasi yang ditempatkan ini mempercepat proses vaksinasi bagi warga Bandung dalam membentuk herd immunity,” tutur Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara serah terima fasilitas Vaksin Covid-19 di Taman Dewi Sartika Bandung, Jumat (23/7/2021).

Ia mengatakan, fasilitas vaksinasi di kawasan itu bisa dilakukan untuk warga Bandung yang ber-KTP Kota Bandung. Dengan adanya dua fasilitas ini, ia optimis Kota Bandung segera tercipta kekebalan kelompok.

Agar target herd immunity tercapai, Pemeritah Kota (Pemkot) Bandung juga menggelar pelatihan vaksinasi Covid-19. Saat ini, Pemkot Bandung telah melatih lebih dari 1.000 tenaga vaksinator. Para tenaga vaksinator tersebut juga telah bersertifikat.

Dengan semakin banyak vaksinator yang dimiliki Kota Bandung, Yana Mulyana optimis Kota Bandung bisa mencapai target 50.000 orang tervaksin per harinya.

"Kalau per hari satu orang vaksinator bisa menyuntik 50 orang, saya pikir bisa 50.000 orang per hari," katanya.

“Ini salah satu ikhtiar kita adalah percepatan vaksinasi karena mudah-mudahan bisa segera membentuk kekebalan kelompok,” tambahnya.

Ia bersyukur, animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi begitu besar. Ia pun berterima kasih kepada masyarakat yang sudah mau divaksin, karena mereka menjadi salah satu pahlawan Covid-19.

“Dengan divaksin artinya bapak ibu adalah salah satu pahlawan Covid-19 yang saat ini semakin meningkat,” ucapnya.

Yana mengingatkan, setelah divaksin protokol kesehatan tetap harus benar-benar dijaga dengan baik. “Saya ingatkan, meskipun bapak ibu sudah divaksin, pada dasarnya vaksin yang diberikan adalah dari virus yang dimatikan sehingga membutuhkan waktu 1-2 bulan untuk membentuk imun. Jadi saya titip, tetap disiplin protokol kesehatan,” tuturnya.

Dikemukakan Yana, Kota Bandung akan memperoleh tambahan jutaan vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat pada Agustus mendatang. Hal ini diyakini mampu mempercepat terciptanya kekebalan kelompok atau herd community di Kota Bandung.

“Alhamdulillah beberapa kali mengikuti rapat dengan Pak Presiden dan Menkes, insyaallah di bulan Agustus ini jauh akan bertambah banyak vaksin," katanya.

Yana mengungkapkan, tak hanya Sinovac, Kota Bandung juga akan memperoleh tambahan vaksin dari merk lain seperti Pfizer dan Astra Zeneca. "Insyaallah ini bisa memepercepat kekebalan kelompok,” jelasnya.

Oleh karena itu, wakil wali kota semakin optimis target capaian herd immunity di Kota Bandung pada akhir tahun bisa tercapai. Ia mengatakan, untuk menciptakan kekebalan kelompok memang membutuhkan dukungan seluruh elemen masyarakat.* Dadang Sutarjan - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya