Selasa, 30 April 2024
Sastra & Humor

IKA UNS Bersama BI Bagikan 500 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Pandemi

Minggu, 8 Agustus 2021
ika_2.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membagikan 500 paket sembako kepada warga terdampak pandemi di sekitar kampus UNS pusat. Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan program sosial Bank Indonesia (BI). Pembagian ini dilakukan melalui perwakilan ketua RT yang dilaksanakan secara simbolis pada Jumat (6/8/2021) di Gedung IKA UNS.

Penyerahan  paket sembako ini dihadiri langsung oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo. Kemudian, yang tergabung secara daring melalui kanal Zoom antara lain Ketua IKA UNS Pusat, Ir. Budi Harto, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat, Prof Wimboh Santosa, dan Kepala OJK Solo, Eko Yunianto.

Dalam laporannya, Ketua Panitia IKA UNS Gotong Royong Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), M Farid Sunarto mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu penanggulangan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat di Kota Surakarta.

“Bantuan berupa paket sembako, multi vitamin, masker dan lain-lain sejumlah 500 paket.  Program ini untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih lebih tertib dalam menjalankan Prokes 6M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi keramaian, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Wilayah kegiatan lingkungan kampus UNS Kentingan Surakarta (ring 1),” jelasnya saat membacakan laporan kegiatan.

Kriteria penerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang tinggal atau beraktifitas usaha kecil terdampak di lingkungan yang ditentukan oleh tim verifikasi yaitu ring 1 kampus UNS Kentingan Surakarta.  Prioritas utama adalah kawasan yang berbatasan langsung dengan kampus UNS.

“Kategori penerima diprioritaskan untuk usaha kuliner, transportasi sederhana, cetak/print, penjahit/permak, tambal ban, dan tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan. Lalu, penerima manfaat bersedia taat dan tertib menerapkan prokes 6M.  Dalam 1 Kartu Keluarga (KK) dilarang menerima lebih dari 1 paket sembako. Kemudian, mengisi daftar blangko dari panitia dan ditandatangani oleh Ketua RT setempat,” imbuhnya.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bahwa salah satu dampak terbesar dari pandemi selain di bidang kesehatan adalah di bidang ekonomi.

“Banyak toko, kegiatan ekonomi, aktivitas perdagangan tidak berjalan karena pandemi. Selain itu tidak sedikit yang dirumahkan dan pendapatannya berkurang. Saya mengapresiasi empati yang dilakukan IKA UNS yang tidak henti-hetntinya  untuk peduli terhadap pandemi Covid-119 ini. Sore Jumat (6/8/2021 IKA UNS menyerahkan 500 bantuan paket sembako dengan tajuk IKA UNS Gotong Royong Program Sosial Bank Indonesia,” kata Prof. Jamal saat memberikan sambutan.

Prof. Jamal berharap agar kerja sama IKA UNS dengan BI tidak hanya berhenti di sini, tetapi juga akan berlanjut pada kegiatan lain.

“Semakin berderma, bersedakah, semakin dimudahkan urusan-urusannya. Mohon kiranya bantuan sembako ini bisa diterima dengan baik dan saya juga berterima kasih atas partisipasi bapak dan ibu di lingkungan UNS yang bersama-sama menjaga kedamaian, keamanan di lingkungan UNS. Kalau dalam Jawa istilahnya pager mangkok, pagernya engga banyak tapi mangkoknya banyak,” pungkasnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya