Selasa, 30 April 2024
Sastra & Humor

Alumni SMAN 3 Surakarta Rayakan Hari Jadi 'Roemah Tiga'

Minggu, 8 Agustus 2021
rt.jpg
Ist.

KISUTA.com - Roemah Tiga dan SMA N 3 Surakarta merayakan hari jadinya, secara during, pada Minggu (8/8/2021). Ketua Umum Roemah Tiga, Monica Subiakto mengemukakan, SMA N 3 Surakarta berdiri sejak 1 Agustus 1958 sedangkan Roemah Tiga dideklarasikan 3 Agustus 2019. 'karena waktu yang berdekatan ini, maka selebrasi keduanya sangat mungkin diadakan secara bersama," ungkapnya.

Lebih lanjut Monica mengatakan, sebagai wadah alumni SMA N 3 Surakarta, Roemah Tiga juga telah resmi disahkan berdasarkan: Surat kemenkumham NOMOR AHU-0006911.AH.01.07.TAHUN 2020.

Selama 2 tahun Roemah Tiga berdiri, ada banyak program kerja yang telah terlaksana dan berjalan, diantaranya ialah pembangunan ruang customer service, renovasi pos satpam, pembangunan ATM, renovasi lobby dan UKS, penyediaan sekretariatan Roemah Tiga, peremajaan ‘canteen’ digital, pengadaan videotron, pengadaan kartu alumni, dan program podcast untuk mendukung sarana publikasi dan komunikasi antar alumni.

Selain pembangunan fisik, menurut Monica, Roemah Tiga juga melakukan kegiatan non-fisik antara lain: menyelenggarakan Edu Expo 2020 untuk memberikan motivasi kepada guru, karyawan dan siswa yang dilakukan oleh motivator nasional Tung Desem Waringin-alumni SMA Negeri 3 Surakarta angkatan 86, pemberian voucher gratis kepada seluruh siswa kelas XII bekerjasama dengan penerbit buku Erlangga agar siswa bisa mendapatkan bimbingan belajar untuk persiapan UNBK.

Adapun peremajaan ‘canteen’ digital Roemah Tiga, kata Monika, terselenggara berkat kerjasama dan kolaborasi antara BCA, ITB dan IHS. Sehingga kantin sekolah semakin bersih, rapi, ditunjang sarana pembayaran elektronik, dan mendapat akses digital berupa videotron memudahkan publikasi program kerja sekolah kepada civitas akademika & masyarakat pada umumnya. "Roemah Tiga juga telah memiliki kesekretariatan yang berlokasi di Kadipiro, Banjarsari. Di kesekretariatan ini, para pengurus biasa mempersiapan program kerja dan event-event. Kesekretariatan Roemah Tiga juga senantiasa terbuka untuk disinggahi dan menjadi rumah pulang bagi seluruh alumni SMA N 3 Surakarta yang ingin bertegur sapa dan melepas rindu," ujarnya.

Tidak hanya sampai di situ, seluruh jajaran pengurus didukung oleh jajaran guru dan siswa-siswi SMAN 3 Surakarta, memiliki rencana besar untuk meningkatkan kualitas Pendidikan bagi siswa-siswi yang disebut dengan PPKP (Program Peningkatan Kualitas Pendidikan), di antaranya sebagai berikut:
1. Program intake berkualitas "N3 WANTS YOU"
2. Program Edu Expo (Alumni Mengajar Dll)
3. Program sarana kualitas pendidikan (Podcast, komputer, LAB, dsb)
4. Program siswa asuh (Bantuan biaya pendidikan bagi siswa kurang mampu)
5. Program guru berprestasi (Insentif bagi 5 guru terbaik/tahun)
6. Program Bimbingan masuk Perguruan Tinggi (Bimbel gratis dsb)
7. Program beasiswa "R3 WANTS YOU" bagi siswa diterima di 5 Perguruan Tinggi terbaik (UI, ITB, UGM, IPB, dan UNAIR).

"Harapan dari 7 program ini adalah untuk memacu kualitas sekolah di bidang akademik sehingga semakin berprestasi dan menghasilkan lulusan siswa penerimaan tinggi di PTN bergengsi," jelas Ketua Umum Roemah Tiga.

Pada yang berbahagia ini, Ketua Umum Roemah Tiga, Monica Subiakto menyampaikan sambutan yang berisi ucapan terima kasih yang teramat tulus kepada seluruh jajaran pengurus yang telah bekerja keras menjalankan program kerja.

Bahkan pada kesempatan itu Ketua Dewan Penasehat, Perry Warjiyo yang juga Gubernur Bank Indonesia menyampaikan ajakan untuk saling bahu-membahu berkerja sama dan berkolaborasi membesarkan wadah alumni ini. Menjadikan Roemah Tiga sebagai rumah bersama, tempat berbagi kasih dan mengayomi kepada seluruh alumni dan almamater SMA N 3 Surakarta.

Kepala Sekolah SMA N 3 Surakarta, Agung Wijayanto, S.Pd., M.Pd juga mengemukakan, pada perayaan hari jadi yang menggembirakan ini, disampaikan pula Annual Report Roemah Tiga tahun 2019-2020 yang dibuat untuk memenuhi prinsip informatif, transparan, dan akuntabilitas sebagai wadah alumni SMA N 3 Surakarta yang resmi. "Dengan ini maka siapapun bisa mengetahui program-program kerja, progres kerja, dan beberapa hasil kerja yang sudah tercapai. Annual Report ini pun bahkan bisa diakses di situs Roemahtiga.com sehingga bisa dilihat oleh para alumni dan almamater kapan saja. Lewat Annual Report ini diharapkan tumbuh kepercayaan dan keyakinan dari masyarakat, stake holder, dan alumni bahwa organisasi Roemah Tiga dikelola secara profesional dan bertanggungjawab," ungkapnya.

Mengutip satu kalimat Jonh Lennon, Ketua Umum Roemah Tiga, Monica Subiakto mengatakan, “ You may say I am a dreamer, but I am not the only one. I hope someday you’ll join us. And the world will be as one.” Ini adalah ajakan kepada seluruh alumni dan almamater untuk berjuang bersama membesarkan wadah alumni, membangun sekolah agar terus maju dan berprestasi, serta mewujudkan mimpi-mimpi besar bersama di bawah payung Roemah Tiga.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya