Selasa, 30 April 2024
Sastra & Humor

Kasus Covid-19 Menurun, Masyarakat Diimbau Tetap Disiplin Prokes

Rabu, 11 Agustus 2021
aco.jpg
Humas Pemkot Bandung
KEPALA Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani.*

KISUTA.com - Kasus Covid-19 di Kota Bandung saat ini sudah menurun dibandingkan minggu-minggu sebelumnya.

Pada Juni-Juli lalu terjadi penambahan cukup signifikan. Per pekan mencapai angka 2-3 ribu kasus. Sedangkan saat ini, bahkan untuk pertama kalinya terjadi penambahan kasus harian di bawah angka 100 kasus.

"Alhamdulilah, minggu kemarin mengalami penurunan yang cukup signifikan, dalam satu minggu 1.474 kasus itu jauh turun dibanding minggu-minggu sebelumnya," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani dalam Bandung Menjawab yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (10/8/2021).

Kondisi tersebut berdampak pada tingkat kesembuhan yang kian hari terus meningkat. Angka kematian pun cenderung semakin menurun.

Tingkat kesembuhan dalam satu minggu mencapai 4.118 orang. Angka kematian yang pernah mencapai 200 kematian dalam sepekan, kini mulai turun.

"Minggu kemarin kematian ada 53 dalam seminggu, di mana minggu-minggu sebelumnya sempat di atas 200 kematian," terangnya.

Sedangkan untuk tingkat keterisian tempat tidur atau BOR (Bed Occupancy Rate) di Rumah Sakit semakin menurun, dari 2.187 tempat tidur (TT) yang tersedia, kini hanya terisi sebanyak 48.87 persen atau 1.025 TT.

"Ini tidak seluruhnya diisi oleh semua penduduk Kota Bandung, tetapi juga oleh warga luar," terangnya.

Maka itu, Rosye meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama tetap patuh protokol kesehatan (prokes) 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas) termasuk ikut program pemerintah yakni vaksinasi. Prokes dan vaksinasi merupakan bagian dari upaya agar Indonesia segera bebas dari pandemi Covid-19.

"Untuk 5M tentunya tidak henti-hentinya kami dan teman-teman kewilayahan terus menyosialisasikannya. Karena itu adalah kunci kita keluar dari pandemi dan itu harus dilaksanakan dan dijaga bersama," imbuhnya.* Dadang Sutarjan - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya