Jumat, 3 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Peringati Dies Natalis ke-3, FKOR UNS Siap Sukseskan Tim Indonesia di Paralympic Tokyo 2020

Sabtu, 14 Agustus 2021
fkor.jpg
Ist.

KISUTA.com - Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merayakan dies natalis ke-3, pada Jumat (13/8/2021). Meski baru berusia tiga tahun, FKOR UNS telah banyak berkiprah di kancah keolahragaan nasional dan internasional. Hal ini dikarenakan, FKOR UNS memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni dan berkompeten yang sering terlibat di berbagai ajang prestisius.

Dekan FKOR UNS, Dr. Sapta Kunta Purnama mengatakan, paling gres, FKOR UNS siap menyukseskan tim Tanah Air di Paralympic Tokyo 2020 di Jepang.

"Kami ikut berkontribusi dalam ajang itu. Beberapa dosen, termasuk saya, berangkat ke sana. Masuk dalam kepelatihan paraatletik, paracycling, parabadminton, dan paraswimming," terang Dr. Sapta Kunta, Jumat (13/8/2021).

Kilas balik ke tahun 2018 silam, FKOR UNS juga pernah terlibat di ajang Asian Games dan Asian Paragames 2018. Sebanyak 250 personel diterjunkan menjadi panitia, pembina, pelatih, dan manajer. Mereka adalah mahasiswa, asisten dosen, dan dosen FKOR UNS. Artinya, FKOR UNS ikut membawa pulang berbagai medali dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, kala itu.

"Di beberapa kejuaraan kami juga berhasil meraih medali. Pada 2019, saya terlibat menjadi manajer tim para di Kejuaraan Dunia Bulutangkis di Basel, Swiss. Kami bawa empat medali emas," sambungnya.

Di tahun ketiga ini, Kunta memasang target tinggi untuk kemajuan FKOR UNS. Selain seluruh Program Studi (Prodi) terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), pihaknya juga akan meningkatkan kualifikasi akreditasi internasional. Saat ini, baru Prodi S1 dan S2 sudah mengantongi akreditasi A. Targetnya, Prodi S3 juga ikut menyusul akreditasi tersebut.

"Prodi S3 kami memang masih baru, saat ini akreditasinya masih B. Tahun depan targetnya seluruh Prodi sudah terakreditasi A. Sehingga kami sebagai bagian dari UNS berhasil melaksanakan kontrak kinerja dengan Rektor dalam hal raihan capaian akreditasi terbaik," jelasnya.

Seiring dengan semakin berkibarnya FKOR UNS, Kunta berharap keolahragaan di Kota Bengawan dan sekitarnya juga ikut maju. Khususnya dalam pembenahan implementasi sport science. FKOR UNS tidak hanya mencetak SDM andal dan berkualitas. Namun juga menciptakan inovasi produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satunya, kalkulator keolahragaan.

"Produk itu sudah dipakai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan di Jawa Tengah. Kaitannya dengan model-model evaluasi perencanaan yang bisa digunakan bagi stakeholder olahraga," imbuhnya.

Tak hanya itu, FKOR UNS juga selalu meng-update bahkan merekonstruksi kurikulum pembelajaran mahasiswa. Tujuannya, mencetak atlet dan SDM yang berkompeten. Termasuk menyesuaikan dengan program Merdeka Belajar yang digulirkan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

"Mahasiswa berkesempatan magang di beberapa klub atau pembinaan di Solo dan sekitarnya. Untuk mengembangkan potensinya dan ikut menyebarkan teknologi tepat guna yang kami ciptakan. Menjadi duta sport science," ujarnya.

Saat ini, FKOR UNS tengah mengadakan berbagai kegiatan dan program yang arahnya memberikan kesejahteraan bagi atlet berprestasi. Contohnya, pemberian beasiswa. Sehingga FKOR UNS ikut ambil bagian dalam kejayaan olahraga di tingkat nasional. Sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dr. Sapta Kunta menambahkan, untuk memperingati dies natalis ke-3, FKOR UNS menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dr. Zainudin Amali untuk melakukan orasi ilmiah secara daring pada Jumat (13/8/2021). Dalam kesempatan tersebut juga akan diberikan penghargaan Anugraha Widya Kridhangga (terkait olah gerak badan) kepada Prof. Dr. Sugiyanto dan penghargaan Anugraha Widya mahasadha (terkait kesehatan olahraga) kepada Prof. Dr. dr. Muchsin Doewes.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya