Jumat, 3 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Nadiem Makarim pada PKKMB UNS: Mari Manfaatkan Program Kampus Merdeka

Sabtu, 14 Agustus 2021
nadim_2.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim memberikan pesan bagi mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk memaksimalkan program kampus merdeka. Hal tersebut Ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa  Baru (PKKMB) UNS pada Jumat (13/8/2021).

Nadiem mengatakan bahwa menjadi mahasiswa tidak sama seperti kenaikan jenjang sekolah, menjadi mahasiswa artinya memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan masa depan. Oleh karena itu, Kemdikbud Ristek memberikan hak kepada seluruh mahasiswa untuk belajar di luar Prodi atau luar kampus selama 3 semester.

“Mahasiswa Indonesia bisa memanfaatkan untuk mengikuti program-program kampus merdeka tersebut, seperti magang di perusahaan atau organisasi sosial dunia, melakukan studi independen, membangun desa, melakukan riset, mengerjakan proyek kemanusiaan, merancang dan merintis wirausaha, melakukan pertukaran mahasiswa di luar atau dalam negeri, atau mengajar di SD SMP melalui program kampus mengajar,” terang Nadiem.

Seluruh program tersebut dirancang untuk memberikan peluang kepada mahasiswa dengan keragaman minat dan ketertarikan agar mendapatkan pengalaman yang tidak tertulis dalam buku teks atau diajarkan di buku kelas.

“Pengalaman itu akan menjadi kendaraan dalam meraih mimpi masa depan. Kami telah berkomitmen tidak hanya memberikan kemerdekaan bagi mahasiswa, tapi menjamin keselamatan perjalanan kalian menggapai cita-cita,” tambahnya.

Keunggulan dari program kampus merdeka ini adalah mahasiswa tidak perlu mengorbankan masa studinya. Hal ini karena Kemdikbud Ristek telah mewajibkan perguruan tinggi untuk menerapkan transfer kredit dengan hitungan 20 SKS pada setiap program kampus merdeka. Selain itu, melalui kerja sama yang dijalin dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), mahasiswa akan mendapatkan uang saku selama mengikuti program kampus merdeka.

Tidak hanya itu, Kemdikbud Ristek juga menyediakan beragam beasiswa gelar dan nongelar bagi mahasiswa aktif di Indonesia, salah satunya adalah Beasiswa Unggulan yang dapat diikuti oleh mahasiswa baru yang duduk di semester 1.

“Komitmen kami untuk memerdekakan pendidikan tinggi tidak akan membuahkan hasil tanpa dukungan dan partisipasi teman-teman dalam program kampus merdeka. Manfaatkan masa kuliah kalian untuk mengenal diri kalian, membangun jembatan untuk meraih mimpi, dan berkontribusi untuk negeri. Saya percaya bahwa kemerdekaan adalah napas pemuda, napas para mahasiswa, generasi penerus bangsa. Mari terus bergerak serentak wujudkan merdeka belajar,” pungkas Nadiem.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya