Jumat, 3 Mei 2024
Sosok Inspirasi

FKIP UNS Gelar PKKMB 2021 Selama Dua Hari

Minggu, 15 Agustus 2021
kip.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) 2021 digelar secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan disiarkan melalui kanal Youtube resmi FKIP UNS pada Minggu (15/8/2021).

PKKMB merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan mulai dari tingkat universitas, fakultas hingga Program Studi (Prodi). PKKMB FKIP UNS kali ini, mengangkat tema “Arkana Wira” yang bermakna pemimpin yang berbudi luhur dan menjadi teladan. Menurut Agus Tri Susilo, M.Pd., hal tersebut merupakan harapan dan representasi dari mahasiswa FKIP.

“Hal ini sekaligus menjadi harapan dan representasi dari mahasiswa FKIP UNS yang notabene merupakan calon pendidik,” tutur Agus Tri Susilo, M.Pd. selaku Ketua Panitia PKKMB FKIP UNS 2021.

Kegiatan pengenalan kampus di tingkat fakultas dan Prodi akan berlangsung selama dua hari yakni pada Minggu-Senin (15-16/8/2021). Adapun, agenda kegiatan PKKMB pada Minggu (15/8/2021) terdiri dari kegiatan sambutan sekaligus pembukaan oleh Dr. Mardiyana, M.Si. selaku Dekan FKIP UNS, penyerahan dan pelantikan secara resmi, serta pemaparan informasi dan materi dari beberapa pembicara sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Keesokan harinya akan dilanjutkan kegiatan pengenalan kampus di tingkat Prodi dan juga pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di lingkungan FKIP UNS.

Dalam laporannya, Agus menyampaikan bahwa per tanggal 14 Agustus 2021, jumlah mahasiswa yang telah melaksanakan registrasi ondesk dan mengikuti kegiatan PKKMB FKIP UNS tahun ini berjumlah 2.084 mahasiswa.

Kegiatan dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan pengenalan kampus Dr. Mardiyana, M.Si. Walaupun kegiatan masih diselenggarakan secara daring, ia berharap semoga kegiatan ini dapat mengenalkan dengan jelas informasi mengenai dunia akademik dan nonakademik yang diselenggarakan di FKIP UNS kepada mahasiswa baru.

Selanjutnya, terdapat sesi penyerahan mahasiswa baru FKIP UNS kepada Kepala Program Studi (Kaprodi) serta pelantikan secara simbolis yang dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Dekan 1, Ketua PKKMB FKIP UNS 2021, perwakilan Kaprodi serta dua perwakilan mahasiswa baru yang telah hadir secara luring di kampus.

Memasuki acara inti PKKMB FKIP UNS 2021, kegiatan diawali dengan pengenalan pimpinan FKIP oleh Sub Koordinator FKIP UNS, Luhur Sukamto, S.H.

Adapun, kegiatan inti PKKMB FKIP UNS 2021 berisi pemaparan materi oleh Dekan FKIP UNS beserta jajarannya. Mulai dari penyampaian visi, misi dan profil FKIP UNS oleh Dr. Mardiyana, M.Si. Pemaparan materi yang disampaikan mengenai luaran lulusan FKIP UNS hingga ormawa yang ada di FKIP UNS disampaikan oleh Wakil Dekan 1 FKIP UNS. Dilanjutkan dengan informasi teknis tentang akademik dan kemahasiswaan oleh Sub Koordinator Akademik. Materi dari Wakil Dekan 2, mengenai bidang sumber daya manusia, keuangan dan logistik. Pemaparan materi yang terakhir mengenai hal-hal yang terkait bidang perencanaan, kerja sama, bisnis. dan informasi oleh Wakil Dekan 3 FKIP UNS.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya