Minggu, 5 Mei 2024
Sosok Inspirasi

UNS Adakan Orientasi dan Pembekalan bagi 33 Mahasiswa Asing

Sabtu, 21 Agustus 2021
asing.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan orientasi dan pembekalan khusus bagi mahasiswa asing. Kegiatan tersebut berlangsung secara daring pada Rabu (18/8/2021) melalui platform Zoom Cloud Meeting. Sebelumnya, UNS telah melangsungkan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas pada 13-14 Agustus lalu.

Kepala UPT Kerja sama dan Layanan Internasional UNS, Rino Ardhian Nugroho, Ph.D. melaporkan bahwa pada tahun ini, UNS menerima 33 mahasiswa asing dari 13 negara.

“Sebanyak 22 mahasiswa dengan skema beasiswa UNS, 3 mahasiswa dengan biaya mandiri, dan 8 mahasiswa dengan pembiayaan Kemitraan Negara Berkembang (KNB),” jelas Rino.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Sajidan mengucapkan selamat atas keberhasilan mahasiswa asing menjadi bagian dari UNS.

“Kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri khususnya UNS tentunya memberikan peluang untuk memperoleh pengalaman bergaul dan berkomunikasi dengan lingkungan baru dengan budaya yang berbeda. Semoga para mahasiswa memanfaatkan setiap peluang yang ada di masa kuliah untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki,” tutur Prof. Sajidan.

Orientasi ini diselenggarakan untuk memberikan informasi terkait hal-hal yang perlu disiapkan mahasiswa asing saat mengikuti pembelajaran di UNS. Narasumber pertama adalah Ardian Pramastyo Putro, M. Si., Kepala Sub Seksi Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta. Ardian menjelaskan mengenai peraturan keimigrasian yang berlaku di Indonesia.

Pada sesi berikutnya, narasumber yang dihadirkan adalah Bripka Reisa Hariyadi Bayu Utama dari Bagian Pengawasan Orang Asing Polresta Surakarta. Ia mengingatkan agar para mahasiswa asing memahami dan menaati setiap peraturan hukum yang berlaku di Indonesia karena bisa jadi berbeda dengan kebiasaan serta peraturan yang berlaku di negara asal.

Pembicara sesi ketiga, Arie Prabowo, S. H. selaku Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Surakarta. Arie menjelaskan mengenai kewajiban, syarat, serta prosedur pengurusan Surat Keterangan Tempat Tinggal bagi mahasiswa asing jika nantinya mereka sudah tinggal di Indonesia.

Kemudian dari UPT Kerja sama dan Layanan Internasional UNS bekerja sama dengan UPT Pusat Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UP2B) menyelenggarakan kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk seluruh mahasiswa asing angkatan 2021/2022. Hal ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia bagi mahasiswa asing agar memperlancar proses pembelajaran dan meningkatkan prestasi. Teknis pelaksanaan program tersebut dijelaskan oleh Sri Riwanti Riyantini, S.S. dari UPT UP2B UNS.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya