Senin, 29 April 2024
Sastra & Humor

Perguruan Tinggi Dukung Kesuksesan Program Vaksinasi Nasional

Senin, 13 September 2021
jok.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr. Jamal Wiwoho mengatakan untuk mendukung kesuksesan program Vaksinasi Nasional, segenap perguruan tinggi dengan dukungan yang luar biasa dari Pemerintah Daerah setempat, Institusi TNI/Polri, Ikatan Alumni dan Fakultas Kedokterannya, telah melakukan vaksinasi besar-besaran bagi civitas akademikanya.

"Namun, mengingat banyaknya jumlah civitas akademika perguruan tinggi negeri yang harus divaksin, maka belum seluruhnya memperoleh kesempatan vaksin. Semoga Bapak Presiden berkenan mengusahakan percepatan vaksinasi di pergurun tinggi," ungkap Prof Jamal di depan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Kampus UNS, Surakarta, Senin (13/9/2021).

Berkaitan dengan peran perguruan tinggi dalam upaya pencegahan dan pengendalian covid-19, menurut Prof Jamal, dapat ia sampaikan bahwa totalitas perguruan tinggi dalam menghadapi perubahan di era pandemi tidak diragukan lagi, dengan melakukan antara lain, Pengembangan berbagai platform model pembelajaran virtual untuk merespon perubahan sistem pembelajaran akibat pandemi, termasuk melakukan perubahan kultur manajemen perguruan tinggi berbasis digital; b). Di bidang inovasi riset, perguruan tinggi telah sukses memicu energi positif risetnya, dengan melakukan lompatan kreatif dan inovasinya sehingga menghasilkan ribuan variasi riset dan prototip inovasi, termasuk reka cipta untuk penanganan dan pengendalian virus Covid-19.

Untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19, Prof Jamal menyatakan perguruan tinggipun ikut merespon dengan cepat melalui kebijakan refocusing dan realokasi anggaran. Meskipun dampak yang ditimbulkan dari kebijakan tersebut sangat berat, yakni terkendalanya capaian target program yang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Termasuk tertundanya berbagai penyelesaian pembangunan gedung yang masuk dalam kategori Kontruksi Dalam Pengerjaan (KDP). Semoga tahun depan tersedia alokasi anggaran untuk menuntaskanya," ujar Prof Jamal.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya