Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi

Sandiaga Uno Orasi Ilmiah di Wisuda ke-28 Usahid Solo

Kamis, 23 September 2021
uno_2.jpg
Ist.

KISUTA.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno, memberikan orasi ilmiah dalam acara wisuda ke-28 Universitas Sahid Surakarta,Kamis (23/9/2021). Pada kesempatan itu, sebanyak 124 mahasiswa diwisuda dan 30 di antaranya lulus dengan predikat pujian atau cumlaude.

Dalam orasinya, Sandiaga Uno meminta kepada para wisudawan untuk terus semangat dalam menumbuhkan segala potensi dan kreativitas di segala keterbatasan, utamanya di masa pandemi ini.

“Pandemi ini memberikan tantangan yang begitu besar bagi kita untuk menjadikannya sebagai peluang. Kuncinya tetap optimis, terus jalin kolaborasi, dan bangkit di masa sulit,” tegasnya.

Orasi Sandiaga Uno sejalan dengan pidato Rektor Usahid Surakarta, Prof. Dr. Ir. Mohamad Harisudin M.Si, yang meminta para lulusan untuk tidak patah semangat dan terus berjuang hingga betul-betul tidak lagi ada peluang. Bahkan ketika segala peluang telah tertutup, para lulusan tetap diminta untuk terus berpikir positif dan bersikap optimistis karena dari dua hal tersebut, diyakini dapat memunculkan solusi atau peluang-peluang baru.

Bangsa Indonesia, menurut Harisudin, saat ini menunggu kontribusi positif dari para lulusan untuk dapat terus maju. Agar dapat memberikan kontribusi, para lulusan diminta terus meningkatkan keterampilan dalam bidang tehnologi dan informasi, menjadi tren setter dalam setiap kesempatan, menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, berbudi pekerti, memiliki integritas, dan terbuka dengan segala perubahan.

“Jadikan perubahan sebagai momentum untuk berdiri di paling depan. Jangan baperan, jangan defence,” pesan Haris.

Pada kesempatan itu Haris juga mengatakan jika Usahid Surakarta telah menerapkan kurikulum kampus merdeka di tahun 2021 ini. Hal tersebut memberikan kesempatan luas bagi para mahasiwa Usahid untuk bersaing di tingkat nasional melalui program-program kompetitif baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun lembaga swasta. Usahid Surakarta sendiri disebut 90 persen dari program studinya telah terakreditasi B.

Pada kesempatan itu, Ketua umum Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan, dan Sosial Sahid Jaya, Prof. Dr. H. Nugroho B Sukamdani, MBA, mengatakan bahwa Yayasan Sahid Jaya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga di luar negeri, antara lain dengan PT NI Qatar, Institut Box Hill Australia, dan Akademi Islam Internasional Uzbekistan.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya