Senin, 29 April 2024
Sastra & Humor

Tandatangani MoU dengan Xihua University Tiongkok, UNS Siap Buka Prodi S-1 Baru Bertaraf Internasional

Rabu, 29 September 2021
liu.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Xihua University, Tiongkok secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pada Rabu (29/9/2021) sore.

Penandatanganan MoU antara UNS dengan Xihua University dilakukan untuk mempersiapkan pembukaan Program Studi (Prodi) baru bertaraf internasional, yaitu Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok yang rencananya akan berada di bawah pengelolaan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS.

Acara penandatanganan MoU pembukaan Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok dihadiri secara daring oleh pimpinan dari kedua perguruan tinggi.

Dari UNS, dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS Prof. Sajidan, Sekretaris UNS Dr. Drajat Tri Kartono, Direktur Kerjasama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS Irwan Trinugroho, Ph.D, Dekan FIB UNS Prof. Warto, dan Direktur Confucius Institute (CI) UNS Stephanie Phanata, B.Ed., M.TCSOL.

Sedangkan, dari Xihua University dihadiri oleh Rektor Xihua University Prof. LIU Shugeng, Wakil Rektor bidang Kerjasama Internasional Xihua University Prof. FEI Ling, Direktur Pusat Bahasa Mandarin (PBM) UNS dari Tiongkok Assoc. Prof. LU Yu, dan Dekan Fakultas Sastra dan Jurnalistik Xihua University PAN Shuxian.

Dalam sambutannya, Prof. Sajidan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Dekanat FIB UNS, CI UNS, dan Xihua University yang konsisten mewujudkan kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan Indonesia-Tiongkok walau pandemi Covid-19 masih melanda dunia.

Sejak ditandatanganinya perjanjian kerja sama pendirian CI di FIB UNS yang telah dilakukan pada tahun 2018 silam, UNS melalui CI UNS dan Xihua University telah aktif menggelar banyak kegiatan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Prof. Sajidan mewakili Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho menambahkan, pendirian Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok merupakan langkah serius UNS untuk membangun dan mengembangkan kerja sama internasional, pasca penetapan UNS sebagai PTNBH pada tahun 2020 lalu.

“Kerja sama ini dapat menyatukan bidang budaya dan sastra menjadi sarana yang mengumpulkan budaya Jawa dan Bashu dalam kajian bahasa Mandarin-Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pimpinan dan Sivitas Akademika Xihua University dan PBM UNS dan harapan kami tentunya seperti harapan kita semua pendirian Prodi ini dapat berkontribusi lebih baik untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujar Prof. Sajidan.

Ucapan terima kasih yang disampaikan Prof. Sajidan mendapat balasan dari Rektor Xihua University Prof. LIU Shugeng. Dalam sambutannya sebelum penandatanganan MoU, ia mengatakan UNS sebagai mitra kerja sama telah mengimplementasikan poin kesepakatan dengan tulus dan jujur.

Hal itu dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang telah digelar oleh PBM UNS, seperti webinar bertaraf internasional dengan tema “Menjalin Persahabatan Jawa dan Bashu Untuk Memperkuat Kerja Sama Internasional Antara UNS dan Xihua University” hingga Cloud Summer Camp.

Dengan banyaknya kegiatan yang digelar, PBM UNS terbukti telah mengimplementasikan kegiatan pertukaran budaya Jawa-Bashu dan mencatatkan keikutsertaan ratusan peserta dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi.

“Dalam kurun waktu tiga tahun ini melalui kerja sama yang tulus dan jujur di antara dua perguruan tinggi melahirkan sebuah kerja sama yang baru menuju perjalanan yang semakin baik. Kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada pimpinan beserta jajarannya yang telah memberikan semua dukungan dan telah bekerja sungguh-sungguh,” ungkap Prof. LIU Shugeng.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya