Minggu, 5 Mei 2024
Sosok Inspirasi

Tiga Prodi di UNS Ikuti Assessment Akreditasi Internasional FIBAA

Kamis, 7 Oktober 2021
podi_2.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - Tiga Program Studi (Prodi) di UNS tengah mengikuti proses penilaian untuk memperoleh akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya UNS menjadi World Class University.

Ketiga Prodi tersebut yaitu Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara FISIP, Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) UNS. Kegiatan assessment akreditasi FIBAA dilaksanakan dari tanggal 5-7 Oktober 2021 secara daring dengan menggunakan platform zoom, dan luring di UNS Inn.

Adapun assesor (the expert panel) FIBAA cluster yaitu Prof. Dr. Dennis Hilgers (Johannes Kepler Univesity Linz, Austria), Prof. Dr. Karin Halbritter (IO Internationale Hochschule Germany), Prof. Dr. Wolfgang Voegeli (University of Hamburg Germany), Ass. Professor Dr. Radian Salman (Universitas Airlangga Surabaya), Dipl. Handelslehrer Gerd Rieger (Rieger Training-Innovatives Wirtschaftstraining Germany), Judith Barth (perwakilan mahasiswa University of Cologne Germany), dan Maya Koehler (Project Manager FIBAA).

Acara diawali dengan presentasi Pimpinan UNS yang diwakili oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S, didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si., Ketua LPPMP, Prof. Sarwiji Suwandi M.Pd. dan Direktur Kerjasama dan Internasionalisasi, Irwan Trinugroho, S.E.,M.Sc.,Ph.D.

Masing-masing Prodi sebelumnya telah menyiapkan dokumen Self Evaluation Report (SER) sebagai dokumen yang diajukan untuk proses akreditasi ini. Dokumen SER disiapkan oleh tim yang penuh dedikasi dalam mendukung proses pelaksanaan akreditasi ini.

Tiga Prodi yang diassesment melibatkan perwakilan program manajemen yang terdiri pimpinan dekanat, kaprodi, dan ketua tim akreditasi Prodi, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni. Hadir mengikuti assesment dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, perwakilan tim managemen program Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si, Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Prahastiwi Utari FISIP, Ph.D, Kaprodi Ilmu Administrasi Negara, Dr. Asal Wahyuni Erlin Mulyadi., MPA dan Ketua Tim kegiatan, Rino Ardhian Nugroho, MTI., Ph.D. Hadir pula dalam kegiatan tersebut perwakilan tim dosen, perwakilan tim administrasi, perwakilan mahasiswa, serta perwakilan alumni Prodi Ilmu Administrasi Negara Djoko Wibowo, S.Sos., MT yang sekarang menjabat sebagai Kepala Bidang Percepatan Pembangunan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Bagus Pambudi., S.Sos., MPA yang menjabat sebagai Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah.

Dr. Asal Wahyuni Erlin Mulyadi, MPA selaku Kaprodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS, mengatakan FIBAA merupakan lembaga akreditasi internasional yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan berorientasi internasional untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua tim yang terlibat mulai dari unsur pimpinan, dosen, Tendik, mahasiswa, dan para alumni. Semoga pelaksanaan akreditasi ini lancar dan berhasil dengan sangat baik untuk mewujudkan UNS menjadi World Class University,” ujar Dr. Erlin.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya