Kamis, 2 Mei 2024
Unik Menarik
Unik

Tarian Pengusung Jenazah, Keceriaan di Tengah Duka

Jumat, 5 Mei 2023
ajah.jpg
Oddity Central
PARA pengusung peti jenazah di Ghana membawa sedikit keceriaan di tengah duka.*

KISUTA.com – Prosesi pemakaman lazim diwarnai dengan tangis dan kesedihan. Namun, sekelompok pengusung jenazah di Ghana mencoba memberi penghiburan. Mereka berjoget sambil menggotong peti jenazah sehingga membuat prosesi pemakaman sedikit ceria.

“Pengusung jenazah berupaya menaikkan mood di sebuah pemakaman di Ghana dengan tarian flamboyan. Keluarga-keluarga membayar mereka demi mengirimkan kerabatnya ke liang kubur dengan sedikit gaya,” tulis BBC Africa dalam deskripsi di Youtube, beberapa waktu lalu.

Salah satu keluarga yang benar-benar melihat langsung aksi para pengusung jenazah itu adalah seorang blogger bernama FollowMyBraids. Ia mengunggah video tersebut pada 2015 setelah menghadiri upacara pemakaman ibu mertuanya.

“Ini adalah pengalaman menakjubkan. Saya sangat senang dapat melihat penampilan tersebut secara langsung. Saya menikmati talenta ajaib dan kekuatan anak-anak muda tersebut. Mereka bahkan tidak pernah kehilangan ritme!” tulisnya, mengutip dari Oddity Central.

Penggagas bisnis tersebut, Benjamin Aidoo, mengaku saat ini sudah mempekerjakan 100 orang secara profesional. Ia melatih sendiri koreografi para pengusung jenazah itu baik laki-laki maupun perempuan demi sebuah kesempurnaan. Ia bahkan rela menghamburkan uang demi kostum tim pengusung agar memiliki efek visual yang ciamik.

“Saya memutuskan untuk menambah sedikit koreografi. Setiap kali klien datang, kami bertanya apakah mereka ingin pemakaman yang khidmat atau sedikit meriah. Mereka hanya meminta dan kami melakukannya,” tutur Benjamin Aidoo. Berikut sebuah tayangan video tarian pengusung peti jenazah:


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya