Jumat, 3 Mei 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Batuk tak Kunjung Sembuh? Minumlah Jus Nanas

Kandungan enzim bromelain dalam nanas, bisa mengurangi peradangan yang bisa memicu munculnya arthritis, kanker, penyakit jantung, dan peradangan lainnya dalam tubuh.

Kamis, 11 Mei 2023
nanas.jpg
Dok.Ki Suta

KISUTA.com - Bosan batuk tak sembuh-sembuh? Cobalah minum jus nanas, karena banyak orang telah membuktikan bahwa jus nanas lebih ampuh menghentikan batuk dari pada obat batuk.

Dikutip dari Daily Health Post, nanas merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan. Nanas mengandung nutrisi yang sangat hebat, di antaranya vitamin C, B, potasium, kalsium, vitamin A, zat besi, mangan, dan beta-karoten. Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi serta penyakit.

Sedangkan potasium juga penting untuk menjaga kesehatan saraf, otot, dan tekanan darah, serta kesehatan sel dalam tubuh. Nanas juga mengandung antioksidan yang sangat efektif untuk menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan, serta mengobati infeksi saluran kemih.

Sementara itu, kandungan enzim bromelain dalam nanas, bisa mengurangi peradangan yang bisa memicu munculnya arthritis, kanker, penyakit jantung, dan peradangan lainnya dalam tubuh. Bromelain juga membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi gejala penyakit angin. Selain itu, bromelain juga bisa mengurangi lendir yang dimiliki oleh pasien tuberkulosis (TBC).

Bromelain paling banyak terkandung pada batang dan bagian bawah nanas yang cukup keras. Untuk mendapatkan manfaat dari bagian ini, buatlah menjadi jus. Untuk pengobatan, sebaiknya gunakan nanas segar.

Apabila Anda ingin merasakan manfaat dari nanas, berikut h resep jus nanas yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan radang tenggorokan atau batuk.

Bahan: 1 cangkir jus nanas segar, 1/4 cangkir jus lemon, 1 potong jahe mentah, 1 sendok makan madu, 1/2 sendok teh cayenne.

Caranya: Campur semua bahan, masukkan dalam blender dan campur hingga halus. Konsumsi 1/4 cangkir dua sampai tiga kali sehari. Anda bisa mendinginkan nanas di dalam lemari es karena ini tak akan mengurangi nutrisi di dalamnya.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya