Kamis, 2 Mei 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Inilah Makanan Pencegah Darah Rendah

Sabtu, 20 Mei 2023

KISUTA.com - Jika seseorang merasakan lemah, letih, dan lesu, bisa jadi ia tengah mengalami penyakit darah rendah. Penyakit yang satu ini bisa disebabkan sejumlah hal di antaranya yaitu tekanan darah yang rendah (hipotensi) atau karena anemia yang harus diuji melalui laboratorium klinis.

Hipotensi adalah tekanan darah yang rendah di dalam arteri yaitu dengan nilai sistole/diastole di bawah 100/80mmHg atau di bawah normal. Kendati tingkat kegawatan hipotensi tidak sebesar penyakit lain, penderitanya kerap terganggu saat mengalaminya. Seluruh tubuh terasa kekurangan tenaga sehingga tidak fokus menjalani rutinitas.

Selain kondisi tubuh lemas, penderita juga sering merasa pusing, kelelahan, mual, sesak napas, penglihatan kabur, jantung berdebar dan kulit tangan yang dingin. Tujuh makanan berikut dianjurkan untuk dikonsumsi penderita hipotensi karena bermanfaat mengembalikan tekanan darah ke nilai normal.

Kismis - Kismis dianggap obat alami yang baik untuk mengobati hipotensi karena membantu meningkatkan fungsi kelenjar adrenal. Rendam sekira 30-40 kismis dalam secangkir air semalaman dan konsumsi makanan ini pada pagi hari saat perut masih kosong.

Susu almond - Almond meningkatkan fungsi kelenjar adrenal untuk mempelancar aliran darah penderita hipotensi. Rendam 4-5 almond dalam air semalaman, tiriskan, buang kulitnya, dan blender. Konsumsi susu almond setiap pagi selama beberapa pekan.

Jus wortel - Selain kaya pro-vitamin A, wortel bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur tekanan darah hingga stabil. Konsumsi jus wortel plus dua sendok makan madu saat perut kosong dua kali sehari (pagi dan sore) untuk hasil terbaik.

Garam - Jika penderita hipertensi wajib mengurangi garam, Hipotensi justru butuh natrium untuk membantu meningkatkan tekanan darah. Namun ingat, konsumsi garam tidak boleh berlebihan.

Lemon - Antioksidan dalam lemon berguna mengatur sirkulasi dan menjaga tekanan darah. Jika merasa kelelahan, minum segelas air perasan lemon dicampur sedikit gula atau garam untuk mengontrol tekanan darah.

Bawang putih - Bawang putih mengandung senyawa yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Konsumsi 2 siung bawang putih sejam sebelum tidur atau tambahkan pada makanan.

Kopi - Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, cola, dan cokelat panas bisa meningkatkan tekanan darah. Penyebabnya belum diketahui pasti tetapi kafein dipercaya bisa merangsang pelepasan adrenalin.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya