Senin, 6 Mei 2024
Sosok Inspirasi
Kumis Kucing

Si Manis Penghancur Batu Ginjal

Apabila anda ingin menikmati khasiat daun kumis kucing sebagai obat, berikut Ki Suta berikan resep-resep untuk mencegah sebagian penyakit yang banyak diderita.

Minggu, 21 Mei 2023
kumkuc.jpg
Dok.Ki Suta

KISUTA.com - Anda pasti mengenal tanaman yang bernama kumis kucing. Tanaman ini selain dapat dinikmati karena keindahan bunganya yang berwarna putih dan berbentuk mirip kumis kucing, anda dapat pula menikmati khasiatnya sebagai obat.

Kumis kucing atau juga disebut daun jinten (Coleus amboinicus), merupakan tanaman dengan batang dan tangkai berkayu yang ditanam di kebun-kebun atau pekarangan sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh liar di rumah-rumah penduduk.

Untuk memperbanyaknya sangat mudah, yaitu dengan cara stek. Daunnya yang lunak menyebabkan tanaman ini disebut daun tebal, sangat harum dan dapat digunakan untuk keramas serta melumaskan pakaian sewaktu dicuci.

Dalam pengobatan, yang digunakan dari tanaman ini adalah daunnya. Apabila anda ingin menikmati khasiat daun kumis kucing sebagai obat, berikut Ki Suta akan memberikan resep-resep sederhana untuk mencegah sebagian penyakit yang banyak diderita.

Sakit pinggang: daun meniran dan daun kumis kucing masing-masing satu genggam, temu lawak dan jahe masing-masing satu ibu jari serta lima butir. Semua bahan direbus dengan satu liter air. Setelah tinggal setengah liter, rebusan jamu tersebut diangkat. Setiap minum, ambil setengah gelas yang sudah disaring. Campurlah dengan satu sendok makan madu dan kuning telur dari satu butir telur. Minumlah ramuan ini setiap sore sampai sakit pinggang sembuh dan tidak terasa ngilu-ngilu.

Batu ginjal: daun kumis kucing 25 gram, daun meniran 20 gram, lempuyang dn temu lawak masing-masing 10 gram. Semua bahan dicuci bersih, selanjutnya direbus dengan air dua liter. Setelah air rebusan tinggal satu liter, angkat dan saring. Setiap minum cukup menggunakan ¾ gelas yang dicampur dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya.

Kencing batu: daun kumis kucing dan daun kejibeling masing-masing 20 gram, daun meniran 10 gram dan akar alang-alang lima gram. Semua bahan setelah dicuci bersih kemudian direbus dengan dua liter air. Jika rebusan tinggal satu liter, angkat dan disaring. Minumlah setiap dua atau tiga kali sehari masing-masing ¾ gelas. Ramuan ini dapat dicampur dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya. Apabila anda sudah tidak mengalami kesulitan buang air kecil, maka hentikan meminum ramuan ini.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya