Kamis, 2 Mei 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Mau Sehat? Masukkan Kelor dalam Menu Harianmu

Sebagai sayur, biasanya yang dimanfaatkan adalah daun dan batang kelor yang berbentuk segitiga memancang atau disebut kelentang. Sayur kelor mengandung banyak nutrisi yang memberikan manfaat bagi kesehatan.

Senin, 22 Mei 2023
kelor1.jpg
Dok.Ki Suta

KISUTA.com - Kelor atau merunggai adalah tumbuhan dari suku moringaceae yang dikenal masyarakat. Sampai-sampai ada pepetah yang mengatakan, “Dunia tak selebar daun kelor”.

Tumbuhan yang mempunyai nama latin moringa oleifera ini, biasa dikonsumsi sebagai sayur dan obat. Sebagai sayur, biasanya yang dimanfaatkan adalah daun dan batang kelor yang berbentuk segitiga memancang atau disebut kelentang. Sayur kelor mengandung banyak nutrisi yang memberikan manfaat bagi kesehatan.

Sementara itu, sebagai obat, kelor mempunyai kemampuan untuk mengatasi sejumlah penyakit. Seperti dilansir Health Me Up, beberapa waktu lalu. berikut manfaat kelor bagi kesehatan.

Mengatasi Flu dan pilek. Kandungan vitamin C pada kelor, bisa membantu mengatasi penyakit flu, pilek, dan sakit tenggorokan. Coba gunakan sayuran kelor dalam sup jika Anda mulai terkena pilek atau flu.

Membersihkan darah. Daun dan batang sayur kelor memiliki zat yang membantu membersihkan darah. Selain itu, zat tersebut juga bekerja sebagai antibiotik yang sangat baik. Untuk kualitas darah yang lebih baik dan bersih, jangan ragu untuk makan sayuran ini.

Baik untuk ibu hamil. Sayuran kelor mengandung vitamin dan mineral penting yang bisa mencegah ibu hamil mengalami gejala tak menyenangkan seperti mual muntah, malas, dan tidak bertenaga. Selain itu, daun kelor juga bisa mencegah dan mengatasi gejala komplikasi kehamilan. Tak hanya itu, untuk ibu menyusui, daun kelor juga sangat baik karena bisa meningkatkan produksi air susu.

Mengobati masalah perut. Sayuran kelor juga bisa menjadi obat bagi beberapa masalah perut seperti diare, kolera, penyakit kuning, dan disentri. Cara memanfaatkannya dengan mencampurkan daun kelor dengan madu atau air kelapa.

Meningkatkan kesehatan tulang. Sayuran kelor juga kaya akan kalsium, zat besi, dan vitamin, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menguatkan tulang. Mengonsumsi sayuran ini secara teratur bisa meningkatkan kepadatan tulang Anda.

Bagaimana penilaiaan Anda setelah mengetahui manfaat kelor bagi kesehatan? Tidak ada salahnya mulai sekarang memasukkan kelor sebagai menu keluarga untuk meningkatkan kualitas kesehatan. * Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya