Kamis, 2 Mei 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Hati-hati, Berciuman Bisa Sebabkan Sakit Maag

Ciuman bisa menjadi sarana penyebaran bakteri helicobacter pylori yang menyebabkan penyakit dispepsia atau peradangan pada lambung, termasuk maag. Seluruh aktivitas yang melibatkan kontak oral termasuk ciuman, bisa menularkan bakteri ini.

Selasa, 23 Mei 2023
bercium.jpg
Net

KISUTA.com - Bagi Anda yang senang berciuman ala Perancis atau French Kiss, mulai sekarang harus berhati-hati melakukannya, karena ciuman yang dianggap romantis ini bisa menyebarkan bakteri dari mulut. Dilansir Kompas.com, 10 detik French Kiss yang Anda lakukan, ternyata bisa memindahkan 80 juta bakteri dari mulut.

Bisa Anda bayangkan, berapa ratus juta bakteri akan berpindah jika Anda sering melakukan ciuman romantis ini. Remco Kort, profesor bidang genom mikroba di Universitas Amsterdam mengungkapkan, puluhan juta bakteri yang berpindah saat berciuman, tidak semuanya bisa kerkolonisasi di tubuh manusia. Hanya sebagian kecil saja yang bisa berkolonisasi.

Sang profesor mengungkapkan, lebih dari 100 triliun mikroorganisme hidup di tubuh manusia, koleksi bakteri itu disebut dengan mikrobiome. Bakteri-bakteri ini membantu kita mencerna makanan, diperlukan dalam sintesa makanan, serta mencegah penyakit.

Berciuman ternyata juga bisa mengubah mikrobiome, selain dipengaruhi genetik, usia, dan pola makan. Lebih dari 700 tipe bakteri hidup di mulut kita. Penelitian juga menunjukkan, bakteri di lidah pasangan hampir sama tipenya dibanding dengan di air liur mereka.

"Lidah adalah tempat yang disukai bakteri dan mereka berkolonisasi cukup lama di situ. Sebaliknya, saliva adalah lingkungan yang sangat dinamis. Di sini kita bisa melihat efek langsung ciuman, tapi lama kelamaan akan berubah," kata Kort.

Pernyataan Kort dibuktikan dengan hasil penelitian yang meminta responden meminum yogurt yang mengandung bakteri Lactobacillus dan Bifidobacteria. Lalu 10 detik kemudian ia diminta mencium pasangannya dengan dalam. Para peneliti lalu mengambil contoh bakteri di mulut pasangan yang tidak minum yogurt. Hasilnya, level bakteri di mulutnya naik hingga tiga kali lipat setelah berciuman.

Sementara itu, dokter spesialis gastroenterology, Marcellus Simadibrata mengatakan, ciuman bisa menjadi sarana penyebaran bakteri helicobacter pylori (H.pylori) yang menyebabkan penyakit dispepsia atau peradangan pada lambung, termasuk maag. Penelitian membuktikan bahwa bakteri tersebut justru menyebar dari kontak oral-oral. Seluruh aktivitas yang melibatkan kontak oral-oral termasuk ciuman, bisa menularkan bakteri ini.

Menurut Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit dr Cipto Mangunsumo (FKUI/RSCM) ini, H. pylori merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit dispepsia atau peradangan pada lambung, termasuk maag. Infeksi H. pylori yang dibiarkan secara terus menerus bisa menimbulkan penyakit pencernaan lainnya, seperti kanker lambung.* uma – kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya