Kamis, 2 Mei 2024
Wisata & Sejarah
Kecantikan Perempuan Suku Suri

Bibir Lebar dengan Sumpalan Lempengan Tanah Liat

Zaman dulu, banyak tradisi dilakukan oleh suku-suku bangsa di dunia untuk memberikan predikat cantik bagi perempuan-perempuannya. Di sebagian negara, tradisi tersebut masih lestari sampai sekarang.

Minggu, 28 Mei 2023
birleb.jpg
Ist.
PEREMPUAN Suku Suri mempunyai tradisi melebarkan dan memanjangkan bibirnya untuk mendapat predikat cantik. Bagi Suku Suri, perempuan itu makin cantik jika mempunyai bibir yang lebar dan panjang.*

KISUTA.com - Cantik itu relatif. Ukuran kecantikannya pun berbeda-beda di berbagai daerah dan negara. Banyak cara digunakan perempuan untuk memperoleh predikat cantik di masyarakatnya.

Zaman dulu, banyak tradisi dilakukan oleh suku-suku bangsa di dunia untuk memberikan predikat cantik bagi perempuan-perempuannya. Di sebagian negara, tradisi tersebut masih lestari sampai sekarang.

Di antara perempuan-perempuan yang masih melestarikan tradisi cantik yang unik, adalah perempuan Suku Suri di Ethiopia. Perempuan suku ini mempunyai tradisi melebarkan dan memanjangkan bibirnya untuk mendapat predikat cantik. Bagi Suku Suri, perempuan itu makin cantik jika mempunyai bibir yang lebar dan panjang.

Cara Suku Suri melebarkan dan memanjangkan bibir perempuan, berdasarkan kabar the Daily Mail, ketika perempuan di sana mengalami masa dewasa maka dua gigi bawah di bagian depan mulut mereka akan dicopot. Ritual itu dilakukan dalam suatu upacara khusus sebelum bagian bawah bibir mereka dilubangi hingga ke tepi.

Kemudian sebuah lempengan tanah liat diletakkan di lubang tadi hingga bibir bagian bawah meregang. Seiring waktu maka bibir mereka akan semakin lebar dan panjang.

Ukuran bibir inilah yang menentukan "harga" seorang gadis Suku Suri. Semakin besar lempengan tanah liat yang membuat semakin lebar dan panjang bibir si gadis maka semakin banyak pula sapi yang bisa diminta ayah gadis itu sebagai mas kawin buat putrinya. Ukuran lempengan kecil berarti mas kawinnya adalah 40 ekor sapi dan lempengan besar bisa mencapai 60 ekor sapi.

Namun dalam beberapa tahun belakangan sejumlah perempuan Suku Suri menolak bibir mereka dilubangi atau gigi mereka dicopot. Mereka takut menjalani ritual itu.* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya