Sabtu, 4 Mei 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Ini Manfaat Kumis dan Jenggot untuk Kesehatan

Minggu, 11 Juni 2023
kumis.jpg
Net
BANYAK manfaat kesehatan dari kumis dan jenggot. Tapi tentunya hanya kumis dan jenggot yang dipelihara kebersihannya.*

KISUTA.com - Pria berkumis dan berjenggot sering diidentikan dengan penampilan yang tidak rapi, sehingga banyak wanita menjauhinya. Namun, banyak pria menyukai kumis atau jenggot, seperti actor Hollywood, Brad Pitt yang senang memelihara jenggot sampai lebat.

Beberapa penelitian terbaru menemukan manfaat kesehatan dari kumis dan jenggot. Tapi tentunya hanya jenggot yang dipelihara kebersihannya oleh pemiliknya.

Dilansir Shine, beberapa waktu lalu, peneliti dari University of Southern Queensland menemukan manfaat kesehatan dari jenggot. Penelitian ini menemukan jenggot bisa melindungi pemiliknya dari sinar matahari. Jenggot bisa menghalangi 90-95 persen sinar UV dari matahari, sehingga bisa memperlambat proses penuaan kulit serta menurunkan risiko kanker kulit. Semakin tebal jenggot, maka semakin tinggi juga tingkat perlindungannya terhadap sinar matahari.

Wajah yang terlindung dari sinar matahari terjaga kelembabannya, sehingga bisa mengurangi gejala penuaan. Kumis dan jenggot pun bisa melindungi wajah dari angin dan udara dingin yang bisa membuat kulit wajah kering.

Kumis dan jenggot juga ternyata bisa mengurangi asma dan gejala alergi yang disebabkan oleh debu. Dalam hal ini, jenggot menjadi penyaring sehingga bisa mencegah terjadinya asma dan alergi.

Sementara itu, penelitia dari Birmingham Tichology Centre menemukan bahwa jenggot tebal menyebabkan temperature pada bagian leher meningkat, sehingga mencegah munculnya flu. Jenggot tebal juga bisa berperan sebagai penghalang bagi udara dingin.

Itulah manfaat dari memiliki kumis dan jenggot bagi kaum pria. Setelah mengetahui manfaat tersebut, sebaiknya jenggot dipelihara kebersihannya sehingga bisa memberikan manfaat yang optimal.* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya