Sabtu, 4 Mei 2024
Unik Menarik
Jamur

Senikmat Daging, Kaya Nutrisi Sarat Khasiat

Jamur adalah makanan alami yang mampu melawan kanker. Mengonsumsi jamur secara teratur dapat menurunkan rIsiko terkena kanker payudara. Selain itu jamur shitake juga dikenal mampu menghambat pertumbuhan tumor.

Rabu, 14 Juni 2023
jamur.jpg
Dok.Ki Suta
TEKSTUR jamur yang menyerupai daging, terutama daging ayam, menjadikannya sebagai alternatif makanan pengganti daging.*

KISUTA.com - Bagi sebagian besar vegetarian, jamur merupakan salah satu makanan yang paling dicari. Mengapa? Tekstur jamur yang menyerupai daging, terutama daging ayam, menjadikannya sebagai alternatif makanan pengganti daging.

Sebenarnya, tak hanya teksturnya yang mirip daging, nutrisi yang terkandung di dalam jamur, sama seperti yang Anda temukan dalam daging, juga pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Semua jenis jamur seperti portobello, shitake, hingga jamur kancing kaya akan nutrisi penting dan juga rendah kalori.

Jamur adalah makanan alami yang mampu melawan kanker. Mengonsumsi jamur secara teratur dapat menurunkan rIsiko terkena kanker payudara. Selain itu jamur shitake juga dikenal mampu menghambat pertumbuhan tumor.

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi jamur, sebaiknya hati-hati memilih dan mengolah jamur. Mengapa? Karena tidak semua jamur bisa dikonsumsi, ada sejumlah jamur yang justru mengandung racun.

Karena kandungan nutrisinya, jamur sebenarnya tak hanya bagus dikonsumsi vegetarian saja, tetapi juga oleh nonvegetarian. Penasaran dengan manfaat mengonsumsi jamur? Berikut manfaat jamur yang bisa Anda dapatkan.

Sumber Vitamin D - Sama seperti tubuh manusia, jamur juga akan memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari. Bahkan ketika mengonsumsi ekstrak jamur kancing maka Anda akan mendapatkan nutrisi vitamin D2 dan D3.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh - Jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara meningkatkan produksi protein dan antivirus yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh. Jamur juga mampu meningkatkan kesehatan sel dendritik yang ada di dalam sumsum tulang Anda untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari invasi mikroba.

Sumber Antioksidan - Jamur merupakan sumber antioksidan yang baik. Zat antioksidan seperti selenium bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang mampu menyebabkan penyakit kronis.

Mengontrol Berat Badan - Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda dapat mencoba mengganti konsumsi daging dengan jamur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jamur maka dapat menunjukkan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti pengurangan lingkar pinggang dan penurunan berat badan.* Ki Suta – kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya