Rabu, 1 Mei 2024
Unik Menarik

Cara Jitu Usir Tikus Menyebalkan dari Rumah

Kamis, 15 Juni 2023

KISUTA.com - Tikus merupakan hewan pengerat musuh manusia. Hewan yang tidur di siang hari dan beraktivitas di malam hari ini tak hanya menjijikan, tetapi juga menyebabkan “kerusakan” pada furniture rumah akibat gigitannya. Maklum saja binatang omnivora yang hobinya panjat memanjat serta melompat ini, sanggup memakan apapun yang bisa mereka temukan di dalam rumah.

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengusirnya, namun hewan nokturnal tersebut masih tetap menjadi “penghuni” rumah, cobalah cara sederhana berikut ini. Mungkin cara sederhana ini bisa mengusir tikus dari rumah Anda selamanya.

Rumah Harus Selalu Bersih - Kebersihan rumah, terutama dapur wajib dijaga. Hal ini untuk mencegah tikus bersarang di rumah Anda, karena tikus hanya menyukai tempat yang jorok dan kotor.

Jangan Menumpuk Sampah di Dalam Rumah - Sampah dan sisa-sisa makanan yang ada harus segera dibuang selambatnya setiap malam hari. Jangan membiarkan makanan di tempat terbuka, karena akan mengundang tikus datang. Untuk makanan yang akan dikonsumsi penghuni rumah, sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup, letakkan di dalam lemari, atau di rak yang menempel pada dinding, sebab tikus secara teknis tidak dapat berjalan di dinding.

Nyalakan Lampu di Malam Hari - Tikus tidak menyukai tempat yang terang, karena indra penglihatannya sangat sensitive terhadap cahaya. Sebaiknya pada malam hari nyalakan lampu di tempat-tempat yang menjadi sasaran tikus.

Gunakan Lem Tikus/Perangkap Tikus - Untuk menangkap tikus sebaiknya jangan menggunakan racun tikus, tetapi gunakan lem atau perangkap. Selain menggunakan zak kimia, racun tikus tidak membunuh tikus seketika, tetapi tikus masih bisa berkeliaran dan mati di tempat yang tidak diketahui sehingga bangkainya menebarkan aroma tak sedap. Menggunakan lem atau perangkap, tikus tak akan lari ke mana-mana.

Menggunakan Efek Bunyi - Peralatan yang bisa menghasilkan efek suara bunyi yang kedengaran aneh dapat juga digunakan untuk mengusir tikus. Peralatan yang ditempatkan di sekitar tempat yang sering dilalui oleh tikus, akan membuat tikus terusik dan enggan kembali ke tempat yang sering dilaluinya.

Jangan Ada Celah di Rumah - Celah di dalam rumah bisa dijadikan akses keluar masuk tikus. Celah atau lubang sekecil apapun memungkinkan tikus masuk ke dalam rumah.

Gunakan Cairan Amonia – Untuk membuat tikus tidak kembali ke sarangnya, gunakan ammonia (NH3) untuk menghilangkan tanda-tanda atau batas wilayah kekuasaan tikus. Biasanya tikus menandai wilayahnya dengan menyebarkan kotoran atau air kencingnya.Dengan menyemprotkan cairan zat amonia ini, maka jejak-jejak batas kekuasaannya di rumah akan terhapus, sehingga mereka kebingungan kehilangan arah, dan mencari daerah baru lagi.

Gunakan Predator - Predator atau hewan pemangsa seperti kucing dapat mengusir tikus. Apalagi tikus merupakan salah satu rantai makanan kegemaran para kucing.* das – kisuta.com

 


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya