Selasa, 30 April 2024
Unik Menarik
Rumah Unik Fallen Star

"Melayang", Lalu Nangkring di Ujung Gedung

Senin, 19 Juni 2023
rumahunik.jpg
Net
RUMAH yang diberi nama Fallen Star ini, terlihat unik karena posisinya yang nangkring di ujung atap gedung.*

KISUTA.com - Seniman asal Korea Selatan, Do Ho Suh mendesain rumah unik yang berada di lantai tujuh Gedung Universitas California, San Diego, Amerika Serikat. Rumah yang diberi nama Fallen Star ini, terlihat unik karena posisinya yang nangkring di ujung atap gedung.

Posisi rumah menciptakan efek melayang, sehingga kelihatannya seperti akan jatuh. Sepertinya, hanya orang-orang yang tidak takut ketinggian yang berani tinggal di rumah dengan eksterior biru langit itu.

Secara umum, Fallen Star seperti rumah-rumah lain yang ada di Rhode Island, Texas, Amerika Serikat. Menjadi unik karena letaknya yang tidak biasa, sehingga membuat orang tertarik untuk melihatnya.

Dari luar, rumah itu sesekali tampak mengeluarkan asap yang berasal dari cerobong asap. Kebun bunga di halaman pun tumbuh subur. Jika malam datang, lampu-lampu pun akan menyala. Jika menilik interiornya, Anda juga akan menemukan televisi lengkap dengan remote control-nya, beberapa sofa, serta kursi malas.

Suh memerlukan waktu tujuh tahun untuk membangun Fallen Star. Biaya untuk membangun Fallen Star mencapai US$ 90.000 atau sekitar Rp 873,45 juta yang berasal dari The National Endowment for the Arts. Ada juga dana yang digelontorkan donatur pribadi di The Stuart Collection yang nilainya tidak disebutkan.

Dikutip dari laman urbansplatter.com, Falling Star sesungguhnya merupakan refleksi dari kehidupan Suh. Falling Star merupakan cerminan keadaan jiwanya saat pertama kali hijrah ke Negeri Paman Sam pada 1991 lalu, untuk bersekolah di Sekolah Desain Rhode Island.

Suh harus melakukan adaptasi besar-besaran atas lingkungan barunya yang terkadang membuatnya seperti orang limbung. Persis seperti rumah yang terkesan hampir jatuh dari tepi gedung itu.* Ati - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya