Sabtu, 4 Mei 2024
Unik Menarik
Tips Kesehatan

Inilah Rahasia Air Hangat bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 19 Juni 2023
airhangat1.jpg
Net

KISUTA.com - Dibandingkan air hangat, banyak orang lebih menyukai minum air dingin karena menyegarkan. Padahal sesungguhnya, minum air hangat jauh lebih sehat dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ada beberapa manfaat bagi tubuh jika Anda rajin minum air hangat.

Melancarkan Sistem Pencernaan - Jika Anda mengalami kesulitan saat buang air besar atau sembelit, biasakanlah minum segelas air hangat di pagi hari, saat perut dalam keadaan kosong. Kebiasaan ini sangat baik untuk membantu membersihkan sistem pencernaan dengan menimbulkan kontraksi sehingga Anda ingin buang air besar. Air putih hangat juga membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar sehingga buang air besar menjadi lebih rutin, tanpa rasa mulas dan sembelit.

Meningkatkan Sirkulasi Darah - Minum air putih hangat juga membantu melancarkan sirkulasi darah serta meningkatkan fungsi-fungsi syaraf serta otot. Sistem syaraf juga lebih sehat karena air hangat bisa memecah lemak-lemak yang menumpuk di sekitarnya, sekaligus menyingkirkan kolesterol dari dalam tubuh.

Membantu Turunkan Berat Badan - Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, cobalah minum air hangat. Air hangat akan membuat temperatur tubuh meningkat sehingga metabolisme tubuh juga lebih baik. Metabolisme tubuh yang tinggi akan membuat penurunan berat badan berlangsung lebih cepat. Disarankan minum air hangat yang dicampur perasan dari setengah lemon ketika bangun pagi. Campuran ini akan membantu memecah adipose, jaringan di dalam tubuh yang sebagian besar berisi lemak.

Detoksifikasi - Ketika minum air hangat, suhu tubuh juga meningkat sehingga membuat Anda lebih banyak berkeringat. Dengan keluarnya keringat, maka toksin-toksin di dalam tubuh yang menumpuk pun ikut terbawa keluar dari sistem pencernaan.

Menyamankan Tenggorokan - Saat flu atau pilek, Anda disarankan minum air hangat ketimbang dingin. Ini ada alasannya. Air hangat membantu melegakan sistem pernapasan dengan mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Air hangat juga meredakan gejala pilek, batuk serta sakit tenggorokan.

Meredakan Kram Perut – Saat haid, wanita kerap merasakan nyeri dan kram perut. Untuk meringankan nyeri dank ram, cobalah minum air hangat. Hawa panas dalam air hanya bisa menenangkan otot-otot perut, karena memberi efek relaksasi tak hanya dari luar tapi juga dalam tubuh. Untuk lebih membantu meredakan kram atau nyeri perut saat menstruasi, Anda juga bisa mengompres perut dengan botol berisi air panas atau handuk hangat.* Uma – kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya