Sabtu, 4 Mei 2024
Unik Menarik
Hasil Penelitian

Kopi Dapat Mengatasi Stres dan Mencegah Depresi

Selasa, 20 Juni 2023
kopi_2.jpg
Net

KISUTA.com - Tim ilmuwan Portugal dan Brazil berhasil menemukan manfaat kafein yang dapat membantu mengatasi stres dan mencegah depresi, serta hilang ingatan.

Dikabarkan ABC Australia, Profesor Rodrigo Cunha dari Universitas Coimbra di Portugal melakukan penelitian dengan memberikan kafein kepada sejumlah tikus yang sebelumnya telah dikondisikan dalam keadaan cemas dan penuh tekanan.

"Jika hewan tidak dalam keadaan stress, tidak ada perubahan yang jelas dalam parameter psikologis dan perilakunya," jelas Profesor Rodrigo. "Namun jika kita ubah gaya hidup para tikus tersebut, mereka bisa mengatasinya dengan lebih baik."

Professor Rodrigo dan sejumlah koleganya di Boston dan Brazil menyimpulkan bahwa kafein memiliki kemampuan untuk memblokir bahan kimia yang berhubungan dengan stres. Tak hanya itu, kafein juga memiliki potensi untuk mencegah masalah yang terkait hilang ingatan.

Kafein tidak membuat sistem bekerja lebih baik. Tetapi dapat menghindari cara yang salah dalam sebuah sistem. Jadi kafein lebih sebagai pencegah kerusakan dan bukan untuk perbaikan," ujar guru besar Farmasi di Coimbra itu.

Profesor Rodrigo juga menjelaskan bagaimana kafein memiliki dampak besar pada fungsi otak. "Jika Anda mengkonsumsi kafein secara rutin, maka kafein dapat membuat fungsi pada sirkuit otak menjadi normal."* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya