Minggu, 28 April 2024
Sosok Inspirasi
Herbal

Atasi Asma dengan Oyong

Selasa, 27 Juni 2023
ayong.jpg
Dok.Ki Suta
OYONG atau gambas yang orang Sunda menyebutnya emes (Luffa cylindriaca) merupakan sayuran yang berkhasiat mengatasi berbagai penyakit.*

KISUTA.com - Oyong atau gambas yang orang Sunda menyebutnya emes (Luffa cylindriaca) merupakan sayuran yang berkhasiat mengatasi berbagai penyakit. Oyong adalah sejenis sayuran yang pohonnya memiliki batang lemah, berbulu lebat dan merambat.

Tanaman oyong merupakan tanaman setahun dan tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi, dapat ditanam di sawah atau di tegalan, atau juga bisa di pekarangan. Oyong dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur.

Buahnya bulat panjang, beralur, yang panjangnya sekitar 15-30 cm dengan diameter buahnya pada bagian yang terbesar sekitar 5-10 cm. Kandungan mineralnya, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi, lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya.

Sayuran ini memiliki khasiat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, seperti radang usus dan lambung, radang tenggorokan, asma, demam, sakit pinggang, luka dalam,menambah nafsu makan, menyegarkan tubuh, menghilangkan dahak, menurunkan panas, menetralkan racun, memperlancar peredaran darah, dal lain-lain. Berikut beberapa ramuan oyong untuk mengatasi beberapa penyakit tersebut.

Mencegah dan mengatasi radang usus dan lambung: Oyong yang sudah tua dipanggang hingga kering, lalu ditumbuk sampai menjadi bubuk. 20 gram bubuk oyong tersebut diseduh dengan air panas, lalu diminum. Lakukan 1-2 kali sehari.

Melancarkan peredaran darah: 250 gram oyong dan 15 gram jamur kuping hitam dibuat masakan sesuai selera, lalu dimakan.

Mengatasi pembengkakan: 250 gram oyong dan 30 gram kacang merah kecil dibuat sop atau masakan lain sesuai selera. Setelah itu, dimakan. Lakukan secara teratur.

Mengatasi Asma: Oyong muda beserta tangkainya dijus, lalu diminum. Lakukan dua kali sehari.

Mengatasi sakit pinggang: Biji oyong disangrai, lalu dijadikan bubuk. Seduh bubuk tersebut dengan air dan tambahkanlah madu secukupnya, kemudian diminum.* Ki Suta - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya