Minggu, 28 April 2024
Sastra & Humor

UNS Sembelih 22 Ekor Sapi dan 183 Ekor Kambing, Daging Kurban Dibagikan untuk Warga Sekitar dan 25 Desa Binaan

Sabtu, 1 Juli 2023
akurban.jpg
Humas UNS

KISUTA.com – Masjid Nurul Huda (NH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar prosesi penyembelihan hewan kurban dalam rangka peringatan Iduladha 1444 Hijriah. Prosesi ini bertempat di pelataran parkir Masjid NH UNS, Kamis (29/6/2023) pagi.

Penyembelihan hewan kurban dihadiri Pimpinan UNS, para dekan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS, pimpinan bank mitra, serta pengurus Takmir Masjid Nurul Huda UNS. Adapun penyembelihan hewan kurban dikoordinatori oleh Takmir Masjid NH UNS dan Unit Pengelola Zakat (UPZ) UNS. Hewan kurban yang disembelih sebanyak 22 ekor sapi dan 183 ekor kambing.

Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., dalam sambutannya mengatakan bahwa UNS setiap tahunnya menggelar tradisi penyembelihan hewan kurban untuk memperingati Iduladha. Ini merupakan bukti UNS terus bekerja keras dalam menunaikan perintah Allah Swt.

“Kita mendapatkan manfaat yang banyak dari ketakwaan, keikhlasan, dan keteguhan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk berkurban. Kita juga terus tingkatkan baik dari segi jumlah maupun dari sisi keikhlasannya,” terang Prof. Jamal.

Prof. Jamal berterima kasih kepada para partisipan kurban UNS 1444 H. Beliau turut berharap bahwa semoga sivitas akademika UNS yang telah berkurban mendapat banyak pahala yang berlimpah, dilimpahkan pula rezekinya, serta dimudahkan dalam segala urusan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Takmir Masjid NH UNS sekaligus Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., menyampaikan hewan kurban tersebut berasal dari Pimpinan UNS, bank mitra, dan partisipasi masyarakat. Khusus pada partisipasi masyarakat sebelumnya telah disalurkan melalui Unit Pelayanan Zakat (UPZ) UNS. Dari UPZ UNS kemudian terkumpul sebanyak 4 sapi dan 183 kambing.

"Hewan kurban akan kita salurkan sebagian besar untuk karyawan UNS dan masyarakat di sekitar UNS. Kemudian ada 25 desa binaan yang (juga) kita salurkan," ujar Prof. Yunus.* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya