Minggu, 28 April 2024
Unik Menarik
Lomba Lukis Kerbau

Ketika Sekumpulan Kerbau Bersolek Molek

Minggu, 2 Juli 2023
kerbau5.jpg
Net
LOMBA kerbau hias merupakan bagian dari tradisi yang masih hidup di masyarakat Provinsi Jiancheng, China. Tradisi mewarnai kerbau ini merupakan salah satu warisan budaya provinsi Jiancheng.*

KISUTA.com - Di Madura, Indonesia ada yang namanya karapan sapi, yaitu lomba adu cepat sapi. Kalau di China, ada yang namanya lomba kerbau hias. Di lomba ini, kerbau-kerbau yang menjadi peserta dilukis seindah mungkin.

Lomba kerbau hias merupakan bagian dari tradisi yang masih hidup di masyarakat Provinsi Jiancheng, China. Tradisi mewarnai kerbau ini merupakan salah satu warisan budaya provinsi Jiancheng.

Dikutip dari dreamersradio.com, menurut legenda masyarakat Jiancheng, zaman dulu ada sekumpulan kerbau yang sedang merumput di ladang . Kerbau-kerbau itu tak menyadari sedang diintai oleh seekor harimau, hingga salah satu dari kerbau-kerbau itu diterkam sang harimau.

Saat harimau menggigit, warna darah kerbau yang bercampur dengan lumpur membuatnya takut hingga melarikan diri. Sejak itu, para petani mewarnai kerbau-kerbau mereka untuk menghindari harimau dan hewan-hewan lain yang akan memangsa.

Sekarang, saat dunia semakin modern, tradisi mewarnai kerbau dikembangkan menjadi bagian dari festival untuk merayakan panen dan menghormati hewan ternak yang telah berjasa membantu para petani.

Beberapa waktu lalu, sejumlah seniman yang berasal dari delapan negara, yaitu China, Inggris, Italia, Jerman, Finlandia, Selandia Baru, Vietnam, dan Laos berkumpul di Provinsi Jiangcheng untuk mengambil bagian dalam kompetisi lukis tubuh kerbau internasional. Kompetisi ini pun diselenggarakan di kota Pu’er, yang telah mengadakan kompetisi lukis tubuh selama tiga tahun berturut-turut yang juga bertepatan dengan hari jadi Provinsi Jiancheng.

Sebanyak 48 kerbau air yang bagian tubuhnya telah ramai diwarnai oleh cat warna-warni cerah ikut serta dalam komptisi internasional yang meriah itu. Setiap satu kerbau dikerjakan oleh satu grup yang beranggotakan 3 hingga 7 seniman. Tahun ini, tim lokal yang berasal dari sekolah anak-anak setempat berhasil memenangkan kompetisi kerbau hias tersebut dengan memenangkan hadiah uang sejumlah 100 ribu Yuan atau sekitar Rp 190 juta . Menarik ya.* Uma – kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya