Selasa, 30 April 2024
Sosok Inspirasi

Awal Juli 2023, UNS Tambah Empat Guru Besar Baru

Senin, 3 Juli 2023
gubes2.jpg
Humas UNS
INILAH empat Guru Besar baru UNS, yaitu Prof. Dr. Mohammad Jamin, S.H.,M.Hum., C.M.C., Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd., Prof. Dr. Niken Silmi Surjandari, S.T., M.T. dan Prof. Dr. Sarwono, M. Sn.*

KISUTA.com - Awal Juli 2023 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah empat Guru Besar baru di berbagai bidang. Empat Guru Besar baru tersebut yaitu Prof. Dr. Mohammad Jamin, S.H.,M.Hum., C.M.C., Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd., Prof. Dr. Niken Silmi Surjandari, S.T., M.T. dan Prof. Dr. Sarwono, M. Sn.

Dalam konferensi pers yang digelar di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Senin (3/7/2023), Sekretaris Senat UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc.(Hons), Ph.D. mengatakan, keempat Guru Besar ini akan dikukuhkan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. pada Selasa (4/7/2023) di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

“Semoga dengan bertambahnya empat Guru Besar baru ini dapat memberikan kontribusi yang luar biasa untuk UNS, masyarakat, bangsa dan negara. Selamat kepada empat Guru Besar baru. Semoga semakin memperkuat UNS,” ujar Prof. Ari.

Prof. Ari menambahkan, Prof. Dr. Mohammad Jamin, S.H.,M.Hum., C.M.C. merupakan Guru Besar ke-10 Fakultas Hukum (FH) UNS dan ke-264 UNS. Prof. Jamin akan membacakan pidato inagurasi dengan judul Pengembanan Hukum Prismatik Sebagai Basis Mewujudkan Adagium Hukum untuk Manusia Bukan Manusia untuk Hukum.

“Prof. Jamin dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Kemasyarakatan pada FH UNS,” ujar Prof. Ari.

Sedangkan Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd. merupakan Guru Besar ke-68 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan ke-265 UNS. Prof. Sumarwati akan membacakan pidato inagurasi dengan judul Optimalisasi Peran Bahasa dalam Pendidikan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar.

“Prof. Sumarwati dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Terapan pada FKIP UNS,” imbuh Prof. Ari.

Lalu Prof. Dr. Niken Silmi Surjandari, S.T., M.T. merupakan Guru Besar ke-22 Fakultas Teknik (FT) UNS dan ke-266 UNS. Prof. Niken akan membacakan pidato inagurasi dengan judul Peran Perbaikan Tanah (Soil Improvement) dalam Pembangunan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil. Prof. Niken dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Geoteknik Berkelanjutan pada FT UNS.

Kemudian Prof. Dr. Sarwono, M. Sn. merupakan Guru Besar ke- 5 Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan ke-267 UNS. Prof. Sarwono akan membacakan pidato inagurasi dengan judul Pemanfaatan Bahan Alami untuk Zat Warna dalam Pengembangan Sustainbable Design Tekstil. Prof. Sarwono dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Tekstil Tradisi pada FSRD UNS.* das/MCH - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya