Senin, 29 April 2024
Sosok Inspirasi

Perpustakaan Lokananta Surakarta Lakukan Benchmarking di Perpustakaan UNS

Senin, 17 Juli 2023
alok.jpg
Humas UNS

KISUTA.com - UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan perpustakaan, (library tour), sekaligus menjalin inisasi kerja sama dari Perum Percetakan Negara RI Lokananta Surakarta. Kunjungan ini untuk mendapatkan praktik terbaik (best practice) bagi Perpustakaan. Dalam kunjungannya Lokananta Surakarta menyampaikan ajakan inisiasi kerja sama dalam bidang pengelolaan perpustakaan Lokananta Surakarta.

In Magma, selaku Kepala Perpustakaan Lokananta Surakarta menyampaikan terkait dengan tujuan benchmarking dengan UPT Perpustakaan UNS. “Kerja sama yang akan dilakukan bertujuan untuk menambah pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide terbaik dalam upaya meningkatkan dan mengoptimalkan pengelolaan perpustakaan yang melibatkan para ahli dan praktisi terkait dalam bidang pengelolaan perpustakaan. Perpustakaan Lokanata merupakan sebuah perpustakaan yang bertujuan untuk memberikan wawasan luas untuk semua pihak, baik secara khusus di Surakarta, maupun masyarakat secara umum di Indonesia terkait dengan pengetahuan dan rekaman musik,” terang In Magma di sela-sela acara kunjungan yang diterima di Ruang Arjuna UPT Perpustakaan, Selasa (11/7/2023).

Selain itu, Metta selaku Staf Perpustakaan Lokananta Surakarta menyampaikan bahwa Lokanata memiliki perpustakaan musik digital yang didalam tersimpan rapi arsip-arsip musik lagu daerah dari seluruh daerah yang ada di Indonesia serta lagu pop seperti keroncong. “Selain itu perpustakaan musik digital Lokanata juga menyimpan rekaman penting perjalanan bangsa Indonesia. Kami berharap bahwa dengan adanya kerja sama ini dapat menjadikan inspirasi kepada seluruh pemustaka untuk menikmati audio library dalam melakukan literasi,” kata Metta.

Burhanudin Harahap, S.H., M.H., M.Si., Ph.D., selaku Kepala UPT Perpustakaan UNS, menerima jalinan kerja sama dengan pihak Lokananta Surakarta. Burhanudin menyampaikan bahwa dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan literasi dan pengembangan perpustakaan yang dapat mendukung layanan untuk para pemustaka serta meningkatkan pengelolaan perpustakaan saat ini yang akan berkembang lebih pesat.

Dalam kerja sama akan ada hubungan timbal balik yang nantinya akan saling menguntungkan antara UPT Perpustakaan UNS dengan Perpustakaan Lokananta Surakarta. Selain itu, harapan dari benchmarking ini memiliki sinergis yang kuat dalam pendampingan pustakawan dan program perpustakaan secara berkelanjutan serta simbiosis mutualisme di antara kedua perpustakaan. Semua komponen kerja sama dan upaya peningkatan sumber daya manusia pustakawan tidak luput dibahas dalam diskusi keduanya. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kolaborasi yang positif secara kelembagaan dan adanya akses literasi informasi yang seluas-luasnya terutama bagi kedua belah pihak, sehingga dapat menciptakan generasi yang cerdas dan unggul serta kompetitif.

Di akhir acara Burhanudin berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh pemustaka. Dalam kunjungan yang dilakukan Perpustakaan Lokananta Surakarta dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru sehingga kedepannya dapat digunakan untuk pengembangan perpustakaan serta penguatan dalam berliterasi bagi pustakawan dan pemustaka.

Ke depannya, UPT Perpustakaan UNS akan terus meningkatkan potensi yang telah dimilikinya dan mengembangkan pengelolaan dalam upaya untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sehingga dapat terus berkembang, bermanfaat, dan berdaya saing pada era saat ini. Serta UPT Perpustakaan UNS ingin menjalin komunikasi dan kerja sama dengan seluruh elemen perpustakaan terutama di Soloraya dalam waktu dekat ini.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR
masjidraya